Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Cara Membagi Sudut Menjadi Dua Sama Besar

Pengantar dalam cara membagi sudut menjadi dua sama besar ini adalah sifat belah ketupat. Belah ketupat atau rhombus merupakan jajaran genjang dengan sisi yang sama panjang. Dengan demikian, sifat sifat jajaran genjang juga dimiliki oleh belah ketupat. Jika dimisalkan kita memiliki sebuah belah ketupat dengan sisi ABCD maka segitiga ABC kongruen dengan segitiga ADC.

Ke-kongruen –an tersebut dibuktikan dengan sisi AC berhimpit. Sisi AD=BC, sisi CD = AB. Kongruennya segitiga tersebut (sisi, sisi, sisi) akan dapat ditarik kesimpulan bahwasanya sudut ABC = sudut ADC. Lebih lanjut akan ditemukan bahwasanya sudut BAD = sudut BCD.
Jika digambarkan belah ketupat tersebut maka diagonal AC akan membagi sudut BAD dan BCD menjadi dua sama besar. Begitupula dengan diagonal BD akan membagi sudut ADC dan sudut ABC menjadi dua sudut yang besarnya sama. Prinsip tersebut (diagonal belah ketupat akan membagi sudut pada belah ketupat itu menjadi dua sama besar) yang menjadi dasar langkah membagi dua buah sudut menjadi sama besar.

Sekarang sambil memahami langkah tersebut, kita akan demontrasikan pada sebuah masalah. Misalkan kita akan membagi sudut PQR menjadi dua bagian yang sama besar. Perhatikan langkah pada gambar berikut.
Langkah dalam Membagi Sudut
(1) Lukislah dua buah garis PQ dan QR yang berpotongan di Q sehingga membentuk sudut. Andaikan sudut tersebut di Q dan ujung garis lain masing masing P dan R.

(2) Sekarang dilanjutkan dengan membuat busur lingkaran. Busur lingkaran yang dibuat berpusat di Q dan memotong garis QP dan garis QR (jari jarinya terserah). Masing masing perpotongan berikan nama S dan T.

(3) Pada langkah ini kembali membuat busur lingkaran. Busur lingkaran yang dibuat berpusat dititik S. Perlu diperhatikan disini, jari jari busur lingkaran yang dibuat harus sama dengan jari jari lingkaran pada langkah 2.

(4) Langkah ke empat ini sama dengan langkah ketiga. Membuat busur lingkaran dengan jari jari yang sama dengan langkah ke 2. Tetapi pusat untuk membuat busur ini adalah di titik T. Nanti akan ditemukan perpotongan busur pada langkah ke 3 dan langkah ke 4 ini. Beri nama titik potong tersebut dengan titik U. Perpotongan tersebut berada dalam daerah PQR.

(5) Hubungan titik Q dan titik U sehingga didapat garis QU. Garis QU ini yang menjadi pembagi sudut PQR menjadi dua sama besar. Dengan kata lain, sudut PQU = sudut RQU. Artinya, kamu telah berhasil membagi sudut PQR menjadi dua sama besar.

Nah, itulah langkah membagi sudut menjadi dua bagian yang sama besar. Membagi sudut menjadi dua sama besar ini bermanfaat juga ketika melukis sudut 45 dan sudut 30 dimana masing masing kita dapat dari pembagian sudut 90 dan 30. Agar lebih detail bisa dibaca pada: Cara Melukis Sudut Istimewa 30, 45,60 dan 90.



Loading...