Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Biografi Al Biruni

Abu Raihan Al Biruni atau lebih dikenal dengan nama singkat Biruni atau Al Biruni. Tokoh yang berasal dari Persia ini terkenal di berbagai bidang, matematika, astronomi, fisika filsafat, farmasi dan menulis ensiklopedia. Al Biruni juga dikenal sebagai seorang guru. Beberapa muridnya juga menjadi populer sebagai orang yang memiliki peran dalam perkembangan ilmu pengetahuan.

Al Biruni
Al Biruni dilahirkan di daerah pinggiran Kath dekat kota Khawarizm. Daerah ini sekarang dikenal dengan Karakal, Pakistan. Dari bukti sejarah yang ditemukan nama Al Biruni berasal dari nama tempat tinggalnya Birun. Garis keturunannya berasal dari Tajik, memang bukan berasal dari garis keturunan darah biru. Selama 25 tahun kehidupan umurnya hanya di habiskan di daerah kelahirannya. Lebih lanjut mengenai keluarga, istri dan anaknya tidak ada ditemukan bukti sejarah.

Guru Al Biruni dikenal sebagai seorang ahli matematika juga. Sebut saja Abu Nashr Mansur. Sementara teman temanya juga bukan orang asing lagi di dunia ilmu pengetahuan. Ada nama Abu Ali Al Hussain, Avicenna atau Ibn Sina. Dalam hubungannya dengan Ibn Sina, seorang ahli sejarah, filsuf terkenal di arab dimulai sebagai rekan kerja di sebuah universitas dan pusat ilmu yang dibangun oleh putra raja Abu Al Abbas Ma’mun. Dala rangka menambah ilmu yang dimiliki Al Biruni pernah belajar sampai ke negeri India.

Tujuan belajar ke India adalah untuk mempelajari kebudayaan dan bahasa di sana. Terkait dengan banyaknya naskah ilmu pengetahuan yang berasal dari India, langkah ini diambil agar Al Biruni bisa menerjemahkan naskah tersebut ke dalam bahasa ibunya. Tidak hanya melakukan perjalan begitu saja. Dalam periode tersebut Al Biruni juga mengambil kesempatan untuk menulis sebuah buku yang berjudul Ta’rikh Al Hind (sejarah India). Buku tersebut berisi akan penjelasan kebudayaan, adat istiadat, kepercayaan masyarakat India pada abad pertengahan. Meskipun semua tulisannya ditemukan dalam literatur bahasa arab, namun Al Biruni dikenal memiliki kemampuan menguasai bahasa Yunani, Bahasa Sanskerta, Bahasa Syria dan bahasa Bar Bar. Baca: Hasil Karya Al Biruni.

Loading...