Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Biografi Hippocrates

Sebuah kejayaan peradaban pernah ada di Yunani. Kota seribu dewa ini dikenal sebagai pusat lahirnya ilmu pengetahuan. Banyak ahli ahli kuno yang populer dan mencatatkan namanya dalam sejarah ilmu pengetahuan dari Yunani. Mulai dari para filsafat, Plato, Arisetoteles dua nama yang hingga sekarang masih nyata adanya. Ahli matematika dan astronomi, Phytagoras, Anaxagoras, Thales dan masih banyak nama lainnya yang berkontribusi dalam perkembangan pengetahuan.

Sebuah Quotes dari Hippocrates

Kehidupan Hippocrates

Hippocrates dilahirkan di Chios. Kelahirannya diperkirakan lebih kurang pada tahun 460 sebelum Masehi. Profesi awalnya sama dengan Thales, Hippocrates awalnya mengambil jalan hidup sebagai seorang pedagang. Sayang, nasibnya jauh berbeda dengan Thales, Thales yang dikenal berhasil dalam perdagangan dan matematika serta ilmu lainnya, Hippocrates memiliki garis tangan yang kurang baik dalam urusan perdagangan. Akhirnya dia memutuskan untuk terjun ke bidang ilmu pengetahuan. Ketertarikannya adalah untuk belajar dan mendalami geometri. Disinilah takdir baik beliau berawal, berkat ketekunannya dia berhasil menguasai geometri dan menjadi seorang yang terkenal.

Kehebatan serta kecerdasan beliau dalam geometri terlihat dari keberhasilannya menulis buku yang berjudul Element of Geometry. Sayang, naskah asli buku ini tidak ditemukan. Namun, dari tulisan ahli matematika lain sesudah beliau, ditemukan beberapa dalil yang menyebutkan nama Hippocrates sebagai penemunya. Demikianlah sejarah singkat tentang Hippocrates, tak begitu banyak informasi lengkap tentang perjalanan dan kehidupan beliau ayang bisa ditelusuri lebih lanjut. Namun meskipun demikian, karya karya beliau masih tetap hidup sepanjang zaman, berikut hasil buah pemikiran dari Hippocrates. Baca : Matematika Zaman Yunani Kuno.

Penemuan Hippocrates

Pada buku tulisan Eudemus yang berjudul The History of Mathematics terdapat sebuah penemuan Hippocrates tentang kuadratik suatu luno. Luno adalah sebuah bangun yang dibatasi oleh dua buah busur lingkaran, tetapi diameter pembentuk lingkaran tersebut berbeda ukurannya. Menurut teorema yan disampaikan Hippocrates dan ditulis ulang Eudemus bahwa bagian bagian yang sebangun dari lingkaran pembentuk tersebut memiliki perbandingan yang senilai dengan kuadrat-kuadrat alasnya.

Pembuktian Hippocrates pada teorema ini adalah dengan menunjukkan bahwa luas dua lingkaran tersebut pasti berbanding senilai dengan kuadrat diameternya masing masing. Meskipun terlihat begitu sederhana, namun teorema ini membuka pikiran bagi ilmuwan lain untuk menentukan luas luas bangunan yang berbentuk lingkaran dalam sejarah matematika. Alexander, pada tahun 200 M, memberikan perbandingan tentang dua kuadratur Hippocrates dan hasil penemuannya. Hasil perbandingan tersebut sebagai berikut,

Bila pada hipotenusa (sisi terpanjang) dan sisi sisi sebuah segitiga siku siku sama kami dibentuk setengah lingkaran masing masingnya, maka luas segitha yang ada pada kedua sisi terpendek sama dengan luas segitiga itu sendiri.Perbandingan kedua, bila pada sebuah diameter bangun berbentuk setengah lingkaran dibuat sebuah trapesium sama kaki dengan ketiga sisi sisinya yang lain memiliki panjang yang sama, dan bila dibuat pada masing masing sisinya setengah lingkaran pada tiga sisi yang sama panjang tersebut, maka luas trapesium semula akan sama dengan luas jumlah ketiga luas lingkaran (yangdibentuk dari sisi pendek) ditambah dengan setengah luas lingkaran pada salah satu sisinya yang terpendek.

Lebih lanjut Hippocrates dikenal sebagai seorang ahli pengobatan. Selain itu dia juga terkenal dengan filsafat. Salah satu quotes Hippocrates ini yang terkenal " Jadikan makanan sebagai obat dan jadikan obatitu sebagai makanan". Untuk lebih banyak Quotes bijak dari Hippocrates bisa dicari di Google dengan kata hippocrates quotes. Baca: Biografi Phytagoras.



Loading...