Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Biografi Jean Le Rond D'Alembert

Jean d'alembert terlahir di Perancis, kota Paris pada tahun 1717 di bulan November hari ke tujuh belas. Ayahnya seorana anggota pasukan perang yang bernama Louis Camus. Ibunya sendiri adalah madame de Tencin. Alembert lahir ketika ayahnya bertugas di luar negeri. Akhirnya ibunya meninggalkan beliau di sebuah gereja yang bernama St Jean Le Rond. Makanya dalam namanya terdapat embel embel Jean Le Rond.
Alembert

Sewaktu kembali ke negera Perancis, Louis Camus mengetahui apa yang terjadi, Louis menitipkan anaknya Alembert dibawah asuhan miss Rosseau. Alemberti telah menganggap Rosseau sebagi ibunya sendiri. Pendidikan Alembert diketahui dimulai pada sebuah sekolah swasta. Ketika bersekolah ayahnya meninggal dunia, berbekal warisan dari ayahnya, akhirnya Alembert melanjutkan pendidikan di College des Quatre. Di College tersebut dia mulai mempelajari matematika dasar. Dengan memanfatkan pustaka yang ada Alambert bisa menambah wawasan matematikanya dengan banyak membaca.

Pada tahun 1739, Alambert sempat membacakan paper pertamanya di Paris Academy of Science. Meskipun terdapt beberapa kesalahan penulisan bahasa, tetapi ini menjadi batu loncatan baginya untuk berkarya di bidang matematika. Alambert mengetahui dan menyatakan dirinya adalah seorang ahlimatematika. bukan ahli fisika. Hal ini dikarenakan keyakinananya bahwa mekanika (ilmu fisika yang berkembang saat itu) merupakan bagian kecil dari geometri dan aljabarnya matematika. Mekanika dipercaya sebagai ilmu yang memerlikan prinsip kesederhanaan dalam penyelesaian segala fenomena bisa di selesaikan dengan permodelan matematika. Dengan prinsip itu Alambert akhirnya berupaya memenuhi hipotesisnya bahwa mekanika tersebut bisa dibentuk menjadi suatu sistem matematika yang rasional.

Pada tahun 1742 kerajinan Alambert membacakan Traite de Dynamique di Academy Paris. Meskipun itu bukan dari hasil karyanya. Terarik dengan pola pikir dan kecerdasan yang dimiliki Alambert, Clairaut akhirnya memutuskan untuk membaca karya Alembert. Akhirnya persaingan muncul antara Alembert dan Clairaut. Dua orang hebat ini datang dengan ide yang hampir mirip. Alembert menyatakan bahwasaya dia meyakini mekanika didasarkan pada prinsip metafisika, bukan berdasarkan bukti dari sebuah penelitan. Tampaknya Alembert tidak bgitu memahami bagaimana Newton merumuskan hukum Newton tentang gerak yang didasarkan pada bukti bukti dari sebuah percobaan. Baca: Kontroversi Newton dan Leibniz.

Bagi Alemberti, hukum gerak ini dianggap sebagai kebutuhan logis. Pada tahun 1744, Alembert menyampaikan hasil kesetimbangan dan gerak fluida dalam bukunya yang berjudul Traité de l'équilibre et du mouvement des fluides. Hasil ini memberikan sebuah alternatif terhadap penemuan Daniel Bernoulli. Pendekatan yang dilakukan Alembert dalam penelitian tersebut lebih baik, namun Bernaouli tidak memberikan pandangannya. Situasi di Paris Academy tidak terlalu membuat Alembert senang, hal ini mungkin disebabkan karena persaingannya dengan Clairaut dan perselisihan dengan beberapa ahli lain.

Namun akhirnya, keberadaannya sedikit lebih bahagia ketika Maupertuis meninggalkan paris untuk menjadi kepala Akademi Berlin diaman pada saat yang sama Euler juga bekerja di sana. Sekitar tahun 1746 Kehidupan Alembert tiba tiba berubah. Penyebabnya antara lain, dia telah merasa waktunya untuk pensiun karena menganggap dirinya telah cukup dalam memmpin. Pada tahun tersebut Alembert diperkenalkan dengan Mme Geoffrin seorang kaya, berkuasa namu tidak terlalu cerdas tetapi dermawan. Akhirnya Alembert mendapatkan kehidupan sosial yang cukup menrik dan mulai menikmati setiap pekerjaan dan kesuksesan beserta popularitasnya.

Di tahun yang sama Alembert bersama temannya Diderot mulai mengerjakan sebuah proyek besar, yaitu mulai membuat sebuah Ensiklopedia.Alembert dikontrak untuk mengisi lowongan sebagai editor yang menangani matematika dan fisika-astronomi. Namun hasil kerjanya mulai menunjukkan kelebihan yang dia miliki. Pada tahun 1746 meskipun Alembert bekerja dalam proyek penyusunan Encyclopedia, namun ia tetap melanjutkan karya sendirinya dalam matematika sambil bekerja selama bertahun-tahun di sana Sebagian besar artikel matematika dia tulis sendiri. Sampai akhirnya Alambert menjadi pengagas tentang topik persaman diferensial parsial yang diaplikasikan dalam bidang fisika. Dari ide beliau juga yang tercurah dalam encyclopedia vol 4, Alambert menegaskan perlunya landasan yang kuat dalam teori limit. Selain it dia juga menegaskan pentingya sebuah fungsi dalam merumuskan turunan fngsi sebagai limit dan hasil bagi.

Akhirnya pada tahun 1765, Alembert tidak mampu lagi melanjutkan karya matematikanya. Ini disebabkan karena kondisi kesehatannya yang kian memburuk. Terakhir ditemukan surat beliau pada Lagrange yang berisi kutipan. “geometri merupakan hal yang sangat menarik bagi saya untuk dilakukan, semua yang saya lakukan di bidang sastra hanyalah untuk mengisi waktu luang saya daripada tidak ada yang dilakukan”. Akhirnya pada tahun 1783 bulan Oktober hari ke 29 Alambert menghembuskan nafas terakhinya karena penyakit kandung kemih yang telah lama di deritanya. Baca: Teori Grup.


Loading...