Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Biografi Sonya Kovalevskaya

Sonya Kovalevskaya terkenal sebagai salah satu matematika perempuang yang dilahirkan pada 15 januari 1850 di moskva. Sonya merupakan anak dari keluarga Rusia bangsawan kecil. Dengan demikian Sonya dibesarkan di lingkungan mewah dan berkecukupan. Pertumbuhan Sonya sangat baik mengingat dia berasal dari strata sosial kelas atas. Ayah Sonya dikenal sebagai seorang tuan tanah dan perwira militer. Ibunya adalah keturunan dari astronom dan musisi rusia yang cukup dikenal. Masa kecilnya diasuh oleh seorang nanny hingga tumbuh dewasa dan belajar dengan tutor pribadi.

Sonya Kovaleskaya

Masa Pendidikan Sonya Kovalevskaya

Pada zaman kehidupanya (1850 -1891) Sonya dianggap sebagai salah seorang ahli matematika wanita terbaik. Sonya merupakan anggota perempuan pertama Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia. Secara gelar, Sonya merupakan wanita modern yang mendapatkan gelar profesor. Sebagai gambaran kontribusinya, Sonya dikenal sebagai orang  yang berpengaruh dalam teori persamaan diferensial parsial.

Pengenalan sains dan matematika berasal dari keluarganya. Kebiasaan sang paman yang sering bercerita, mengajarinya bermain catir serta memperkenalkan cara mengkuadratkan lingkaran, asimtot dan hal lain tentang matematika ternyata menarik perhatian Sonya. Baginya matematika adalah sebuah ilmu pengetahuan yang membuatnya ingin mengetahui lebih dan lebih.

Saat berumur 11 tahun sebuah hal tak terduga terjadi. Sebuah skema corak dekorasi dalam kamarnya pada kertas dinding ditemukan Sonya. Kertas tersebut berisi catatan kuliah ayahnya tentang kalkulus. Baca : Sejarah dan Perkembangan Kalkulus. Sonya sangat tertarik dengan hal tersebut. Kejutan berikutnya terjadi saat dia berusia 13 tahun. Kemampuannya serta semangat dalam aljabar dan geometri sangat luar biasa dibanding anak seusianya, terlebih dia seorang perempuan. Namun inimenjadi ganjalan, ayahnya melarang Sonya untuk mendalami serta mempelajari matematika lebih lanjut, karena ayahnya berpenapat seorang wanita tidak pantas mempelajari aljabar. Namun diam diam sonya tetap membaca buku aljabar yang dia pinjam dari salah seorang tutornya.

Kehidupan keluarga Sonya, bertetangga dengan seorang pengajar Universitas. Profesor tersebut memberikan Sonya buku fisika dasar. Ketika membaca bagian optik akhiirnya sonya berkenalan dengan trigonometri. Baru pertama bertemu trigonometri,Sonya pun semakin penasaran dengan topik ini. Profesor tersebut kagum akan otodidak Sonya dan kemampuan Sonya menguraikan konsep sinus sebelum diajarkan. Akhirnya sang profesor membujuk ayah Sonya agar memberikan Sonya untuk bersekolah. Akhirnya sonya diizinkan untuk menuntut ilmu dengan les private dalam bidang geometri analitik dan kalkulus. Semua pelajaran dapat diselesaikan dengan cepat akhirnya Sonya berancang ancang untuk melanjutkan pendidikan ke universitas.

Pada masa itu, Universitas terdekat hanya berada di kota Swiss. Namun hambatan berikutnya datang. Adat istiadat kala itu tidak memperbolehkan wanita tinggal jauh sebelum menikah. Demi pendidikannya akhirnya Sonya menikah dengan  Vladimir Kovalevskaya pada tahun 1868 bulan ke sembilan.

Karir Matematika dan Hasil Karya Sonya Kovalevskaya

Akhirnya Sonya bisa mengecap pendidikan universitas. Pada tahun 1870, Sonya ingin belajar dari Karl Weierstrass di Universitas Berlin. Selama Empat tahun Sonya bisa menyelesaikan perkuliahannya sehingga dia mendapatkan gelar PhD. Di tahun berikutnya dikenal tahun kemalangan untuk Sonya. Tiba tiba ayahnya meninggal dunia. Ini membuat Sonya drop dan sementara waktu tidak membahas matematika. Sonya menulis beberapa karya sastra waktu itu. Bahkan karya fiksi Sonya serta tulisan lainnya pernah diterbitkan di koran Rappaport 567.

Namun pada tahun 1880, Sonya kembali pada Matematika. Sonya mmpersembahkan sebuah karya tulis integral Habilian di sebuah pertemuan ilmiah, semua orang kagum dengan kejeniusannya. Namun masalahnya sekarang adalah adalah sebuah dilema, antara mencari sebuah pekerjaan atau menekuni matematika yang sangat dia gemari.

Hal buruk berikutnya menimpa Sonya, suaminya dilaporkan bunuh diri karena bisnis suaminya bankrut. Akhirnya pada tahun 1883 Sonya menerima undangan untuk mengajar di Universitas Stockholm. Disini prestasi besar Sonya ukir dalam masa hidupnya. Sonya diangkat menjadi pengajar tetap di Universitas, diangkat menjadi editor journal of math, dan ditnjuk menjadi ketua pergerakan.

Pada saat itu Sonya menulis sebuah karya sastra drama yang berjudul Perjuangan dan Kebahagiaan.
Berselang empat tahun berita buruk kembali menghampiri Sonya, saudaranya Anya meningal dunia. Namun dia tetap tegar hinga pada tahun 1888 Sonya berhasil mendapatkan penghargaan Prix Bordin. Sebuah penghargaan yang diberikan oleh Akademi Sainns karena salah satu karya hebat beliau, Solid Rotate Body about Fixed Point. Sonya pun diangkat menjadi angota Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia. Meskipun demikian sayang sekali, tidak ada tawaran untuk mengajar dari universitas universitas negerinya. Dia tetap mengajar d Stockholm.

Akhirnya pada tanggal 10 Februari tahun 1891 dunia matematika bersedih atas wafatnya Sonya. Seorang wanita jenius yang hidupnya penuh perjuangan untuk emansipasi menuntut ilmu. Kemaian Sonya diduga karena depresi dan radang paru-paru. Semasa hidupnya sonya telah menerbitkan sepuluh papers dalam matematika dan fisika-matematika. Dalam persamaan diferensial parsial dikenal teorema Kovalevskaya. Selanjutnya Sonya jua dikenal sebagai penemu penyelesaian bentuk cincin saturnus dan integral elips. Selain itu banyak karya sastra beliau yang juga dikenal. Baca: Sejarah Penemuan Integral.


Loading...