Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Biografi Zu Chongzhi

Antara abad ke- dan ke-6 merupakan bagian penting dalam sejarah Cina. Padaselang waktu tersebut ilmu pengetahuan di Cina berkembang dengan biak, sejarah, astronomi, matematika dan lainnya. Berbagai produk seperti kalender dan manufaktur menjadi hasil peradaban yang megah itu. Salah satu ahli yang menjadi perlambang kemajuan peradaban Cina saat itu di kenal dengan nama Zu Chongzi.

Zu Chongzi

Kehidupan Zu Chongzi

Zu Chongzi dilahirkan pada tahun 429 M di kota Jian Kang (Sekarang Nanking : ibukota provinsi Jiangsu, provinsi kedua terbesar dibawah Shanghai). Kota Nanking saat itu merupakan salah satu dari 4 ibukota Cina kuno. Pada masa ersebut juag dikenal pemerintahan yang terdiri dari 10 dinasti. Kota Nanjing kuno ini dikenal dengan kota surga, karena perannya menjadi pusat perpolitikan dan perekonomian di sekitaran sungai Yang Tze. Keturunan Zu Chongzi memang dari orang ternama, Zu Chang sang kakek dikenal sebagai pejabat pemerintahan yang bertanggung jawab akan pembangunan dinasti.

Sementara sang ayah Zu Shuo diketahui juga berperan penting dalam kepemerintahan.
Tradisi kelurga besar Zu Chongzi untuk melayani kaisar diteruskan, dengan aktif belajar ilmu matematika, astronomi pada ayahnya. Di samping itu dia juga belajar dari Liu Hiu, yang dikenal juga sebagai seorang ahli matematika kala itu.

Karena kecerdasan yang dia miliki, kaisar yang memerintah saat itu mengirim Zu Chongzi diutus untuk belajar di Akademi Hualin Xuensheng. Pendidikannya dilanjutkan dengn belajar di Imperial Nanjing University. Setelah lulus Zu Chongzi diangkat menjadi staf perwira untuk daerah Yang Chou. Peningkatan karirnya hingga diangkat menjadi perwira militer di daerah Nanking. Dalam masa tersebut, Zu Chongzi tidak berkeinginan berkarir seperti ayah dan kakeknya, menjadi pejabat kekaisaran. Dia berncana ingin melanjutkan pengabdian di bidang ilmu pengetahuan. Baca: Perkembangan Matematika di Cina.

Prestasi Zu Chongzi

Karya karya Zu Chongzi memiliki arti penting dalam dunia matematika. Salah satu karya beliau adalah perbandingan keliling sebuah lingkaran dan diameter. Pada masa tersebut orang Cina sudah menemukan bahwa perbandingan diameter suatu lingkaran dengan kelilingnya adalah 1:3. Namun dengan perhitungan yang akurat Zu Chongzi menghitung nilai perbandingan tersebut lebih rinci hingga 7 angka desimal Sebelumnya perhitungan yang lebih teliti dilakukan oleh gurunya sendiri Liu Hiu hanya sampai 4 angka desimal.

Perhitungan ini dilakukan dengan cara mengambil sebuah lingkaran dengan diameter 10000000. Dari lingkaran tersebut ditemukan keliling lingkaran tersebut antara 31425927 hingga 31425926. Ini artinya pendekatan yang dilakukan lebih dekat dalam bentuk pecahan 355/133. Kelak nilai ini yang di sederhanakan menjadi 22/7.

Nilai tersebut digunakan selama bertahun tahun oleh matematika di seluruh dunia. Namun berjalannya waktu, pembuktian penemuan bilangan tersebut hilang, hingga ditemukan lagi pembuktian dengan leih teliti oleh matematkawan arab, Al Kashi pada abad ke-15. Sejarawan matematika, menamakan perbandingan keliling dan diameter lingkarantersebut dengan nilai Zu
Hal berikutya yang ditemukan oleh Zu Chongzi adalah cara menghitung volume bola. Pada saat Zu telah menemukan rumus volume bola sebagai hasil perkalian antara perbandingan keliling dan diameter dengan pangkat 3 diameternya yang dibagi 3. Atau ditulis 1/3 x pi x (d pangkat 3). Nilai tersebut, setara dengan 4/3xpixr (pangkat 3). Namun kemudian bangsa eropa lebih mengenal rumus ini dengan rumus Cavalieri karena pada masa modern dibuktikan kembali oleh Cavalieri.

Dibidang astronomi Zu menemukn sistem kalender Daming (Tam Ing Calender). Perhitung kalender ini telah mempertimbangkan perbedaan waktu tahunan. Dari perbedaan tersebut terdapat perbedaan waktu revolusi bumi 50,2 detik. Meskipun tentang hal ini bukan diperkenalkan Zu pertama kali,namun yag menuliskannya dalam bentuk kalender Zu lah orangnya yang pertama kali melakukanya.

Dengan penanggalan ini bisa diprediksi kapan terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan. Dalam hal ini Zu Chongzi mendapat tanggapan negatif dari TaiFaxin. Faxin menyatakan bahwa Zu dengan kalendernya telah menyalahi kebenaran dari surga dan melanggar ajaran kuno yang suci. Namun denga santai Zu Chongzi menjawab bahwasanya perhitungan tersebut buka dari roh jahat ataupun iblis, melainkan dari pengamatan dan perhitungan matematis yang logis. Akhirnya dengan menunjukkan bukti dan fakta yang ada kalender Daming resmi digunakan oleh kaisar.

Berdasarkan perhitungan kalender tersebut Zu Chongzi bisa menghitung hari dalam satu tahun adalah 365,24281481. Meskipun pada saat sekarang telah diperbaharui dengan pembuktian bahwasanya itu 365.241219878, setidaknya penemuan Zu Chongzi pada masa tersebut dengan melakukan perhitungan matematis dan peralatan sederhana sudah mendekati. Di samping itu waktu tumpang tindih matahari dan bulan yang sekarang dikenal 27,2122, Zu Chongzi telah mendapatkan angka 27,21223 sebelumnya. Dengan perhitungan seperti itulah Zu Chongzi bisa meramalkan gerhana akan terjadi selama empat kali dalam kurun waktu 23 tahun sekali.

Selain dibidang matematika dan astronomi Zu Chongzi dikenal juga sebagai ahli dalam membuat mesin. Kemampuanya adalah membuat meisn penggilingan bergerak dengan dorongan tenaga air. Disamping itu untuk bidang sastra, Zu Chongzi berhasil membuat sebuah novel dengan judul Shu Yiji. Novel ini banyak menjadi kutipan dalam karya sastra cina kuno lainnya. Semua teks pembuktian tentang temuan temuan Zu Chongzi tidak ditemukan sebenarnya, karena telah hilang pada zaman dinasti Song. Baca : Sejarah Matematika Cina Kuno.


Loading...