Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Dalil L'Hopital

Ketika mempelajari matematika untuk topik limit maka akan dikenal sebuah metode penyelesaian limit fungsi dengan metoda L’ Hopital. Dalam pembelajaran lebih lanjut metoda L’Hopital ini juga disebut sebagai metoda Bernoulli. Penggunaan metoda L’Hopital ini yaitu dengan memakai sifat derivative, atau turunan dalam penyelesaian nilai suatu limit yang berbentuk 0/0 ketika penyelesaian soal limit dengan metoda substitusi.
Bernaoulli vs L'Hopital

Sejarah Penemuan L'Hopital

Pemakaian aturan L’ Hopital atau dalil L’ Hopital ini adalah mengubah persaman dalam bentuk determinasi, sehingga akan mudah untuk menemukan nilai limit. Dalil L’ Hopital ini ditemukan oleh seorang ahli matematika berkebangsaan Perancis yang bernama Guillaume de L’ Hopital. Dalil ini pertama kali diperkenalka melalui bukunya yang berjudul Infiniment L’Analyse des Petits pour l’Intelligence des Lignes Courbes. Jika diterjemahkan sederhananya judul buku ini adalah Analisa Mendalam Pemahaman Kurva dan Garis. Buku tersebut dikenal sebagai buku acuan pertama dalam pelajaran Kalkulus diferensial.

Di lain kesempatan, aturan ini juga ditemukan oleh ahli matematika dari Swiss yang bernama Johan Bernaoulli. Makanya ada yang menyebut aturan ini sebagai dalil Bernaoulli juga. Penemuan yang dilakukan oleh Bernaoulli ini sama dengan yang ditemukan L’Hopital, dari pengakuannya Bernaoulli mengatakan dia tidak meniru L’ Hopital. Hal tersebut juga dikuatkan dengan pembuktian dengan melakukan cara yang bebeda oleh Bernaoulli tentang dalil ini.

L’ Hopital memiliki nama lengkap Guillaume Francos Antoine Marquis de L’ Hopital ini dilahirkan pada tahun 1661 dan wafat pada tahun 1704. L’ Hopital dikenal sebagai ahli matematika tulen dari Perancis. Ke dua orang tuanya merupakan asli orang perancis. Penggunaan nama Dalil L’ Hopital ini merujuk kepada nama beliau.

Bernaoulli juga Ikut

Walaupun persamaan dan aturan yang dia temukan diberi nama L’ Hopital, sebagaimana telah diceritakan di atas ada ahli lain yang mengklaim bahwa dia juga menemukan dalil yang sama. Ahli tersebut yang bernama Bernaoulli, L’ Hopital tidak mempermasalahkan hal tersebut. Dengan kerendahan hati dia tidak menolak atau menuntut Bernaoulli untuk memberikan nama hasil penemuan (dari Bernaoulli) dengan nama dalil Bernaoulli. Meskipun inti dari dalil tersebut sama.
Namun setelah wafatnya L’ Hopital, Bernaoulli mencoba mengklaim bahwasanya penemuan L’Hopital tersebut juga miliknya. Namun klaim yang dilakukn Bernaoulli tidak memiliki bukti yang cukup bahwa persamaan tersebut dia temukan sendiri. Pada tahun 1955, file surat menyurat antara L’ Hopital ditemukan. Isi surat tersebut mengenai rencana dan hasil temuan antara mereka.

Dalam surat tersebut baru bisa membuktikan bahwa dalil L’Hopital tersebut juga bisa diklaim sebagai penemuan Bernoulli. Tapi mau bagaimana lagi, orang orang sudah terlalu akrab dengan nama aturan L’Hopital.

Penulisan buku oleh L’ Hopital menjadikan buku tersebut sebagai buku teks dalam pembelajaran kalkulus, khusus untuk topik diferensial. Buku yang terbit pada tahun 1696 ini membahas tentang hal hal yang sangat kecil dan ketakhinggaan (infitesimal). Itulah bagaiman sejarah perkembangan dan penemuan dari dalil L’Hopital yang dikenal sekarang. Siapa sangka jika dalam dalil tersebut terdapat andil Bernaoulli yang memang selayaknya ada nama Bernaoulli dalam aturan tersebut. Baca: Biografi Blaise Pascal.



Loading...