Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Cara Melukis Sudut Istimewa 30,60, 45 dan 90

Sudut istimewa yang sering kita kenal adalah sudut dengan nilai 0, 30, 45, 60 dan 90. Sudut ini serng disebut istimewa karena memiliki nilai trigonometri yang mudah untuk dihafal kan. Misalkan saja untuk sudut 30, kita tahun sinus 30 =0,5.

Pada postingan kali ini pembahasan bukan dari sudut pandang aljabar dan trigonometri. Ini lebih pada geometri. Nanti akan dijelaskan bagaimana membuat atau melukis sudut sudut istimewa dengan benar. Tentu saja dalam hal ini harus dipersiapkan pensil, kertas , jangka dan penggaris. Kenapa penghapus tidak? Hehehe karena kita tak pernah berharap salah, jadi kita optimis tak ada yang harus dihapus dalam melakukan ini.

Melukis Sudut 60

Sekarang untuk memulai melukis sudut istimewa dimulai dengan sudut 60 derajat terlebih dahulu. Misalkan akan dibuat sebuah sudut ABC dengan besar sudut 60. Ilustrasi melukis tersebut bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Langkah Melukis Sudut 60 Derajat
Pertama tetap dua titik yang diberi nama B dan C. Hubungkan titik tersebut menjadi sebuah garis. Garis tersebut akan menjadi bagian bawah atau alas sudut.

Waktunya menggunakan jangka. Gunakan jangka untuk membuat sebuah busur. Busur yang akan dibuat berpusat di B dengan jari jari BC.

Masih dengan menggunakan busur. Buat busur dimana dengan jari jari tetap BC tetapi pusat busur sekarang adalah C. Coba diperhatikan, nanti akan ditemukan perpotongan busur yang pertama dan yang kedua. Titik potong tersebut berilah nama A. Sekaran hubungkan A dengan B hingga membentuk ruas garis AB. You did it! Didapatlah garis AB dan BC yang berpotongan di B, sudut yang terbentuk tersebut adalah 60 derajat. Untuk memastikan bisa diukur dengan busur.

Langkah tersebut juga bisa berlaku untuk membuat sebuah segitiga sama sisi. Sama sama kita ketahui segitiga sama sisi memiliki nilai sudut 60 derajat untuk setiap sudutnya. Cara membuat segitiga sama sisi dengan mengikutilangkah di atas ditambah satu langkah tambahan yaitu dengan menghubungkan juga A dengan C.

Melukis Sudut 30, 45 dan 90

Untuk melukis sudut 30 derajat bisa dilakukan dari sudut 60 derajat tadi. Setelah menemukan sudut 60 derajat, bagilah sudut tersebut menjadi dua bagian sama besar. Untuk membagi sudut (60 derajat menjadi dua hingga didapat 30) bisa diterapkan langkah pada postingan terkait : Cara Membagi Sudut Menjadi Dua Sama Besar.

Sementara untuk melukis sudut 90 derajat atau sudut siku siku. Langkahnya persis sama dengan melukis sebuah segitiga siku-siku. Langkah tersebut telah dijelaskan pada postingan yang terkait : Cara Membuat Segitiga Siku-Siku.

Untuk sudut 45 derajat pasti sudah bisa ditebak. Dengan proses membagi sudut 90 menjadi dua bagian yang sama. Lalu untuk sudut 0 derajat kita tidak akan menjelaskan lebih lanjut. Pasti sobat IC sudah tahu alasannya kenapa.


Loading...