Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Kalkulator Menghitung Luas Segi n Beraturan

Dalam permasalahan geometri Luas merupakan suatu bagian yang sering ditanyakan dalam soal soal. Untuk bangun dengan bentuk segi 3 dan segi 4 dari sekolah dasar pastinya sudah diketahui, bagaimana cara mencari luasnya. Untuk suatu segitiga dasar tentu bisa saja dengan rumus alasxtinggi dibagi dua, atau dengan rumus heron. Sementara itu untuk segi 4 beraturan seperti persegi, persegi panjang, layang-layang, belah ketupat masing masing juga telah ada rumus tersendiri untuk mencari luasnya.

Permasalahan lebih lanjut untuk segi 5 ke atas jarang ditemui rumus rumus dalam perhitungan luas. Apalagi nanti sampai dengan segi 21 atau segi banyak lainya. Dalam hal ini bisa digunakan kalkulator yang telah saya atur untuk mencari luas segi n beraturan. Namun sebelumnya alangkah baiknya jika juga mengenal bagaimana cara mencari Luas segi n secara hitungan tanpa kalkulator.

Rumus Mencari Luas Segi n Beraturan

Untuk mencari segi-n beraturan sebenarnya diturunkan dari rumus luas segitiga dengan memanfaatkan aturan sinus. Pertama dibuat lingkaran diluar segi n beraturan sehingga setiap titik sudut segi n berada pada keliling lingkaran. Segi n tersebut selanjutnya dipartisi menjadi n buah segi tiga. Pada masingmasing segitiga digunakan rumus mencari luas segitiga. Lebih Jelasnya bisa dilihat gambar berikut ini.
Rumus Luas Segi Banyak

Mungkin untuk beberapa segi istimewa seperti segi 6 masih bisa digunakan rumus khusus berikut, karena kita mengenal pada setiap segi tiga yang terbagi akan menjadi segitiga sama sisi dan sudutnya masing masing akan didapat yaitunya 60 derajat. Sesuai nilai trigonometri, sudut 60 merupakan sudut yang istimewa dan nilainya pasti sudah banyak yang tahu.

Mungkin untuk sudut yang bukan sudut istimewa jika menghitung secara manual akan membutuhkan kalkulator, tabel sin dalam mencari luas segi n ini nantinya. Namun setelah menerjemahkan dalam bentuk bahasa java, maka saya tulis kalkulator yang bisa membantu dalam mencari luas segi n ini.


Menghitung Luas Segi - n Beraturan


Dengan bantuan alat hitung ini bisa dihitung berapa luas segi n beraturan. Ingat hanya bisa untuk segi  n beraturan. Tinggal hanya input segi berapa yang ma di cari dan berapa panjang sisi yang akan dicari, pada box di bawah ini. Lanjutkan dengan mengklik hitung, otomatis akan keluar hasil perhitungan dari luas segi n yang akan di cari.

Mau Hitung segi  =

dengan Panjang Sisi =



           

Semoga kalkulator ini bermanfaat dalam membantu perhitungan. Tetapi bagaimanapun penggunaan kalkulator ini lebih baik jika juga di ikuti pemahaman konsep yang matang. Kalkualtor ini hanya semata mata untuk mempercepat perhitungan dengan asumsi pembaca telah memahami konsep mencari luas segi banyak yang beraturan.


Loading...