Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Kalkulator Perkalian Matriks 3x3

Perkalian matriks sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Hanya saja membutuhkan ketilitian yang sangat besar untuk melakukannya. Sebagaimana kita ketahui dalam perkalian matriks tidak semua matriks bisa dikalikan. Beberapa syarat harus dipenuhi dalam perkalian matriks ini.

Syarat dalam perkalian matriks yaitu, kolom matriks pertama harus sama dengan jumlah baris matriks kedua. Misalnya matriks pertama memiliki ordo pxq maka matriks kedua harus memiliki ordo qxr. Nah dari aturan tersebut juga maka hasil perkalian matriks tersebut menjadi pxr. Hal ini harus benr-benar dipahami agar tidak terjadi kekeliruan nantinya.

Penting juga untuk diketahui bahwasanya dalam perkalian matriks tidak mengenal sifat komutatif. Maksudnya jika ingin mengalikan matrik A dan Matriks B maka dalam melakukan perkalian AxB lakukanlah sesuai urutan. Dengan tidak berlakunya sifat komutatif tentu hasil perkalian AxB akan jauh berbeda dengan BxA.

Berikut ini IC akan mempersembahkan sebuah kalkulator yang bisa digunakan dalam membantu perkalian matriks berordo 3x3. Kalkulator ini ditujukan untuk mempersingkat waktu dalam penyelsaian soal soal perkalian matriks. Namun sebelumnya kepada pembaca juga disarankkan untuk memahami konsep perkalian matriks secara manual terlebih dahulu. Untuk menggunakan kalkulator ini, dipersilahkan memasukkan data masing masing matriks yang ingin dikalikan. Apabila telah selesai maka lanjutkan dengan memilih pilihan HITUNG pada. Pilihan ULANG sendiri berguna untuk melakukan perhitungan untuk soal berikutnya.

Kalkulator Perkalian Matriks 3x3


Kalkulator ini bisa digunakan untuk perkalian matriks 3x3. Penting untuk diperhatikan di sini urutan perkalian harus sesuai. Jika Anda melakukan perkalian matriks A dengan matriks B, maka inputkan matriks A pada kolom matriks A dan matriks B pada kolom matriks B. Jangan sampai terbalik melakukan input, karena kita tahu bahwasanya dalam matriks tidak seperti aljabar dimana AxB tidak akan sama dengan BxA.

Matriks Pertama (A) :

       

       

       


dikali dengan Matriks Kedua (B) :

       

       

       


       

               

               
           

Demikianlah kalkulator yang bisa membantu anda untuk melakukan perhitungan lebih cepat khususnya untuk matriks berukuran 3x3. Sebelum menggunakan kalkulator ini diharapkan juga mampu melakukan perkalian tanpa kalkulator, karena konsep pemahaman itu lebih penting. Sekali lagi IC menekankan bahwa kalkulator ini hanya sebagai alat mempermudah dalam perhitungan saja. Semoga bermanfaat. Coba Juga : Kalkulator Menghitung Invers Matriks 2x2.


Loading...