Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Contoh Soal dan Penyelesaian Mencari Luas diketahui Koordinat

Dalam sistem kordinat cartesius bisa dibuat suatu bidang. Misalkan saja ada 6 titik yang diketahui (3,6), (2,10),(7,8), (5.2) (12,3) dan (14, 13). Jika titik titik tersebut dihubungkan akan terbentuk sebuah segi enam yang tidak beraturan. Pembahasan kali ini IC akan membahas bagaimana cara mencari luas bidang pada koordinat cartesius. IC akan bahas 2 tipe bangun di sini. Pertama untuk bangun yang beraturan dan ke dua untu bangun yang tidak beraturan. Terkait : Mengenal Kordnat Cartesius.

Mencari Luas Bangun beraturan Pada Koordinat Cartesius

Untuk bangun yang beraturan ini tidak akan terlalu susah. Cukup dengan menggambar koordinat, lalu temukan bentuk bangun yang di dapat. Langkah selanjutnya cukup mencari luas secara rumus bangun yang tersedia.

Contoh Soal : Tentukan Luas bangun bidang datar yang terbentuk dari koordinat titik titik berikut. A (4,2), B (6,2), C (4,-1) dan D (6,-1). Jika dibuat gambar pada sistem koordinat cartesius maka akan didapat gambar sebuah segi empat dengan jenis persegi.
Sketsa Akhir Gambar
Dari gambar di atas terlihat jelas terbentuk sebuah segi empat dengan jenis persegi panjang. Di sini akan sangat mudah menemukan panjang dan lebar bangun datar tersebut. Panjang di dapat dari (6-2 =4) dan lebar di dapat dari (4-(-1)=5). Rumus luas persegi panjang adalah panjangxlebar, Jadi dengan mudah bisa dihitung L = 4x5 = 20. Lalu bagaimana untuk kasus bangunnya yang tidak beraturan. Mari kita lihat bersama.

Mencari Luas Bangun Tidak beraturan Pada Koordinat Cartesius

Untuk bangun yang tidak beraturan bisa tidak ada rumus khusus luasnya. Namun, secara manual bisa dihitung dengan menghitung kotaknya. Hal tersebut bisa dilakukan jika gambar rapi dan di kertas grafik. Solusi lain? Ada yaitu dengan mengunakan perkalian sistem. Untuk rumusnya bisa dilihat sebagai berikut. 

Apabila diketahui koordinat (a,b), (c,d), (e,f) , (g,h),...,(y,z). Jumlah titik tidak dibatasi sampai berapa saja. Langkah pertama adalah dengan membuat susunan koordinat tersebut secara ke vertikal (ke bawah dari koordinat pertama hingga koordinat akhir ditambah koordinat pertama lagi. Jadi jika pada titik di atas di susun akan di dapat.
Luas akan didapat dari perkalian silang ke kanan dibawahnya dikurangi perkalian silang kekiri, total hasil di bagi 2. Bisa dilihat pada gambar di atas, bagian biru dikalikan lalu dijumlahkan semua. Lanjut kalikan ke kiri silang (bagian ber warna merah) jumlahkan. Hasilnya di bagi 2 , itulah luas. Agar lebih mudah memahami, bisa dilihat contoh soal berikut.
Diketahui titik A (5,4) , B (1,2) C( 8,1) D (6, 5). Berapa luas bangun ABCD?
Jika dilukis dalam koordinat Cartesius akan di dapat hasil berupa segi empat yang tidak beraturan. Untuk itu bisa digunakan cara di atas.
Keterangan: Masukkan ke tabel x, y koordinat A,B, C,D, A. Setelah itu silahkan di "kali silang" kan. Lalu akan di dapat hasil seperti gambar di atas.Untuk menghitung nilai di atas tak perlu di ajarin kan? :).



Loading...