Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Kalkulator Konversi Satuan Kecepatan

Sekarang IC akan berbagi alat bantu hitung dalm konversi satuan yang sering kita jumpai yaitu dari km/jam ke m/s atau sebaliknya. Biasanya dalam kehidupan sehari-hari digunakan istilah kecepatan km/jam. Namun dalam standar Internasional satuan kecepatan itu haruslah m/s. Memang mereka memiliki nilai yang setara, tapi untuk pembelajaran sains biasanya nanti akan digunakan perhitungan dalam satuan internasional.

Sebelum menggunakan kalkulator saja, alangkah baiknya jika kita juga mengkonversi satuan tersebut dengan perhitungan manual. Dalam perhitungan tanpa kalkulator, masing masing satuan dasarnya diubah ke format yang di inginkan. Pertama mari kita lihat bagaimana konversi satuan dari m/s ke km/jam. Coba perhatikan, satuan kecepatan ini terdiri dari 2 buah satuan pokok. Satuan jarak yang dinyatakan dalam m dan akan diubah menjadi km. Lalu terdapat satuan waktu dari detik (second) akan diubah ke jam.

Bagian m dikonversi ke km, maka nilainya akan dibagi 1000. Sehingga1 m = 1/1000 km. Sementara detik akan diubah ke jam dengan membagi dengan 3600. Jika ditulis 1 m/s maka akan terbentuk (1/1000) / (1/3600) = 3600/1000. Apabila di sederhanakan akan menjadi 18/5. Agar lebih sederhana maka untuk konversi satuan ini tinggal dikalikan dengan 18/5. Contohnya, Kita memiliki kecepatan 20m/s maka untuk melakukan perubahan satuan ke- km/jam jadinya akan  20x(18/5) = 72 km/jam.

Sementara itu untuk melakukan perubahan ke arah lain, dimana jika ingin melakukan konversi dari km/jam menjadi m/s caranya cukup gampang. Berdasarkan konstanta perubahan di atas maka, kita tinggal melakukan perkalian dengan kebalikan pecahan tersebut. Contohnya, jika kecepatan 36 km/jam maka jadinya akan 36x(5/18) = 10 m/s. Itulah cara melakukan perhitungan  konversi satuan dari km/jam ke m/s dan sebaliknnya.

Untuk mempermudah, maka IC akan memberikan sebuah kalkulator yang bisa digunakan untuk konversi tersebut. Kalkulatornya sendiri bisa digunakan sebagaimana di bawah ini.Langsung saja silahkan input nilai yang ingin dikonversi pada kotak yang disediakan dan dilanjutkan dengan klik pada HITUNG maka otomatis nilai tersebut akan di konversi.

Konversi Satuan Kecepatan

     

Itulah salah satu alat bantu konversi satuan dari IC. Silahkan dibagikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Semoga membantu dalam pembelajaran fisika dan matematikanya.


Loading...