Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Cara Melukis Segitiga dengan Jangka Diketahui Panjang Sisinya

Untuk melukis segitiga jika diketahui ketiga sisi sisi segitiga tersebut memang terlihat mudah. Bisa saja digunakan penggaris dan diukur. Tetapi cara tersebut merupakan sebuah percobaan trial and error. Akan sering dijumpai ukuran yang tidak sesuai dan posisi titik sudut segitiga yang harus di ubah ubah. Jika tidak percaya, bisa dicoba. Lukis sebuah segitiga dengan sisi 13 cm, 15 cm dan 16 cm.

Dalam mempermudah dan menghemat waktu. Bisa dilakukan dengan satu kali jalan saja. Persiapkan alat , jangka, penggaris dan pensil beserta kertas tentunya. Sekarang kita akan ambil contoh soal yang sama dengan yang disebutkan di atas. Kita akan melukis segitiga ABC dengan sisi dengan ukuran sisi pertama AB= 13 cm, sisi ke dua AC = 15 cm dan sisi ke tiga BC= 16 cm.
Sebagai informasi tambahan. Sebuah segitiga memiliki syarat dalam batasan ukuran. Syarat tersebut adalah :
Jumlah dua buah sisi terpendek harus lebih besar dari sisi terpanjang segitiga tersebut.
Maksudnya, jika ingin melukis segitiga sembarang. Bisa dipastikan hasil penambahan 2 sisi terpendek lebih besar dari sisi terpanjang. Dimana pun tidak akan ditemukan sebuah segitiga dengan ukuran jumlah dua sisi terpendek kecil dari sisi terpanjang. Contohnya, kita tidak akan bisa membuat segitiga dengan ukuran sisi 2 cm,3 cm dan 10 cm. Karena jumlah sisi terpendek hanya 5 cm (2+3) sementara sisi terpanjang 10 cm.

Lanjut kepada permasalahan melukis segitiga jika diketahui panjang ke-tiga sisinya. Sisi yang dimiliki adalah 13 cm , 15 cm dan 16 cm. Langkah yang akan dilakukan sebagai berikut.
Urutan Melukis Segitiga  Sebarang
Buatlah garis masing masing dengan ukuran segitiga tersebut. Garis pertama misalkan di ambil yang tengah (13 cm). Garis tersebut akan dijadikan sebagai garis alas segitiga. Berikan nama pada ujung tersebut dengan A dan B. Artinya alas segitiga AB=13 cm.

Sekarang gunakan jangka. Buat sebuah busur dengan jari jari 15 cm dengan pusat di A. Kemudian, ini juga dilakukan busur dengan pusat di B dan Jari jari 16 cm. Perpotongan ke dua busur tersebut adalah titik C. Langkah terakhir, hubungkan ke tiga titik tersebut sehingga terbentuklah segitiga ABC.

Cukup mudah bukan? Daripada mengira ngira dengan cara trial and error. Sekarang untuk latihan kamu bisa melukis sebuah segitiga dengan ukuran 5 cm, 12 cm dan 13 cm. Jika dilakukan dengan benar, kamu akan mendapatkan gambar segitiga berupa segitiga siku-siku.
 Untuk Langkah dan Cara melukis segitiga lain bisa dibaca:




  1. Cara Melukis Segitiga Diketahui Panjang ke-tiga Sisinya
  2. Cara Melukis Segitiga Diketahui Panjang 2 sisi dan 1 Sudut
  3. Cara Melukis Segitiga Diketahui 1 sisi dan 2 sudut


Loading...