Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Cara Membuat Segitiga Siku-Siku

Segitiga siku siku adalah segitiga yang mana salah satu dari tiga sudutnya bernilai 90 derajat. Dalam segitiga siku-siku ini dikenal sisi pembentuk siku siku (sisi yang saling tegak lurus) dan sisi hypotenusa atau sisi miring. Sisi miring inilah yang nantinya menjadi sisi yang berada di depan sudut siku siku itu sendiri.

Melukis Segitiga Siku-Siku Diketahui Dua Sisi Siku-Siku

Dalam kaitannya dengan aljabar, segitiga siku-siku ini akan dikenal rumus phytagoras atau dalil phytagoras. Pembahasan kita kali ini tidak akan menghitung alias ber-aljabar aljabar ria. Tetapi kita akan mencoba melukis sebuah segitiga siku siku dengan tepat. Alangkah baiknya jika sambil memahami langkah ini, kalian juga mencoba langsung mengikutinya. Alat yang perlu dipersiapkan adalah pensil, jangka, kertas dan penggaris.

Sekarang kita ambil sebuah contoh soal. Diketahui segitiga siku-siku dengan panjang sisi 4 cm dan 3 cm. Segitiga tersebut siku-siku di sudut A. Lukislah segitiga tersebut.

Pertama, buatlah ruas garis dengan panjang 4 cm. Labeli ujung ujung garis tersebut dengan A dan B. Kedua, lanjutkan dengan melukis garis yang tegak lurus dengan sisi AB yang mana titik A diambil sebagai titik pangkal.

Ke-tiga, dilanjutkan dengan melukis sisi AC yang panjangnya 3 cm (diketahui dari soal). Garis AC tersebut akan berhimpit dengan garis yang telah dibuat sebelumnya. Terakhir, hubungan B dan C sehingga terbentuk garis BC. Sebagai catatan, garis BC ini yang disebut sebagai sisi mirng atau hypotenusa. Agar lebih mudah memahami cara di atas, bisa dilihat ilustrasi melukis segitiga siku siku di bawah ini.
Animasi Melukis Segitiga Siku-Siku

Melukis Segitiga Siku-Siku Diketahui Sisi Miring

Permasalahan soal di atas adalah melukis segitiga siku siku yang diketahui dua sisi segitiga yang saling tegak lurus. Kemungkinan soal ke-dua adalah melukis segitiga siku-siku jika diketahui sisi miring dan satu sisi siku siku-nya. Bagaimana cara-nya?

Untuk melukis segitiga siku-siku jika diketahui sisi miring dan satu sisi siku-sikunya, kita ambil contoh soal berikut. Segitiga KLM siku siku di sudut L. Bila panjang LM= 8 cm dan KM= 10 cm. Lukislah segitiga tersebut.

Hal utama yang dilakukan sama saja dengan kasus sebelumnya. (1) Gambarkan garis LM (panjang 8 cm). Kemudian,(2) lukis sebuah garis yang tegak lurus dengan LM dengan titik pangkal di L. Bedanya pada langkah ke-tiga ini. (3) Hubungkan terlebih dahulu titik K dan M membentuk garis KM (panjang 10 cm). Titk K terletak pada garis yang terbentuk pada langkah ke 2. Terakhir silahkan dihubungkan titik KL, dan pada akhirnya akan terbentuk segitiga KLM.



Loading...