Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Cara Melukis Segienam Beraturan

Segienam atau hexagon merupakan sebuah bangun datar yang memiliki enam sisi. Enam sisi tersebut apabila tidak sama panjang maka dinamakan segienam tak beraturan. Jika nanti ke-enam sisi tersebut sama panjang, inilah yang disebut segienam beraturan.

Perbedaan lain segienam beraturan dan segienam tidak beraturan adalah saat melukis segienam itu sendiri. Ketika membuat sebuah segienam yang beraturan bisa dibilang hal mudah yang terlihat susah. Sementara untuk segienam tak beraturan itu hal mudah yang terlihat mudah. Pembahasan saat ini kita akan mencoba membuat segi enam beraturan, karena hal ini mudah tetapi terlihat susah. Untuk segienam tak beraturan silakan dibuat sendiri sesuka hati.

Pada segienam beraturan, jika dibagi akan didapat 6 bagian segitiga sama sisi yang kongruen satu sama lainnya. Semua sisi segitiga tersebut memiliki panjang yang sama. Oleh sebab terdapatnya 6 potongan garis yang sama panjang dan bertemu di suatu titik maka bisa dikatakan garis garis tersebut tersebut adalah jari jari dari sebuah lingkaran dengan pusat titik pertemuan garis tersebut.

Berdasarkan teori yang susah dipahami dalam sekali baca di atas. Bisa disusun langkah dan cara melukis sebuah segienam beraturan. Sederhana-nya bisa dilihat pada proses di bawah ini.

Cara Melukis Segienam

Langkah pertama, dengan membuat sebuah segitiga sama sisi. Silahkan lihat didaftar isi (site map blog ini) cara membuat sebuah segitiga sama sisi. Kemudian dilanjutkan dengan membuat sebuah lingkaran dengan jari jari yang sama dengan sisi segitiga tadi. Pusat lingkaran ditetapkan pada salah satu titik sudut segitiga yang dibuat pada langkah pertama.

Terakhir, posisikan jangka di titik sudut yan lain dari segi pertama, sehingga menyinggung bagian perimeter lingkaran dan akan didapat sebuah titik ke dua. Taruh lagi jangka di titik kedua sehingga memotong lingkaran diperimeter pada bagian lain untuk mencari titik ke 3. Lakukan seterusnya hingga pada akhirnya sampai pada titik sudut segitiga yang dibuat pertama kali tadi. Hal yang harus diperhatikan di sini adalah jangan sampai lebar jangkauan jangka bergeser.

Loading...