Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Langkah Melukis Garis Sejajar

Dua garis dikatakan sejajar apabila garis tersebut terletak pada suatu bidang dan tidak berpotongan bilaman bidang diperluas seluas mungkin dan garis diperpanjang sepanjang mungkin. Dalam kalimat yang sederhana, pengertian garis yang sejajar adalah jarak titik titik pada garis pertama dengan titik titik digaris kedua sama.

Contoh dalam kehidupan sehari hari yang sejajar adalah bagian tepi kertas toilet. Jika direntangkan secara rapi sampai kapanpun tepi pertama tidak akan pernah menyentuh tepi kedua. Lalu permasalahannya sekarang bagaimana cara melukis garis sejajar pada bidang dua dimensi. Untuk melukis garis sejajar tersebut bisa dilakukan dengan dua cara.

Cara Melukis Garis Sejajar dengan Equidistant Method

Cara pertama ini, garis sejajar akan dilukis dengan menggunakan prinsip bahwasanya setiap titik pada masing masing garis akan memiliki jarak yang sama. Prinsip ini disebut dengan equidistant. Dalam melukis garis sejajar menggunakan prinsip ini dikenal dengan equidistant method (equi = equal = sama, distant = jarak, method = metoda atau cara). Langkah langkah tersebut bisa di ilustrasikan seperti gambar bergerak dibawah ini.
Click to Zoom
Penjelasan dari langkah animasi di atas bisa di uraikan sebagai berikut. Silahkan dibaca sambil dipraktekkan, agar lebih mempermudah pemahaman.

Diketahui sebuah garis m dan titik P. Lukis sebuah garis yang tegak lurus dengan garis m dan melalui titik P. Perpotongan garis m dan garis yang baru saja dibuat beri nama Q. Dalam melukis ini bisa memanfaatkan jangka, atau dengan teknik 2 penggaris. Untuk teknik 2 penggaris, ikuti sisi garis m dengan penggaris pertama, lalu tempatkan penggaris ke-dua melewati titik m sehingga ujung penggaris ke-dua ini (bagian lebar) akan berhimpit dengan sisi penggaris pertama.

Ambil sebuah sembarang titik pada garis M dan beri nama R. Kemudian dilanjutkan dengan melukis garis yang melalui R dan tegak lurus dengan garis m. Garis tersebut beri nama n.

Menggunakan jangka, posisikan titik S pada n. Posisi P dan S berada pada sisi yang sama dari m. Pada akhitnya di dapat PQ =RS. Kemudian hubungakan P dan S menjadi sebuah garis PS. Garis PS ini adalah garis yang sejajar dengan garis m.

Cara Melukis Garis Sejajar dengan Metode Belah Ketupat

Cara kedua untuk melukis garis sejajar dikenal dengan rhombus method. Jika diterjemahkan adalah melukisgaris sejajar dengan metode belah ketupat. Belah ketupat adalah sebuah bangun seperti jajaran genjang (memiliki 2 pasang sisi yang sejajar) tetapi panjang ke-4 sisi tersebut sama. Sementara untuk jajaran genjang hanya sepasang sisi yang sama panjang. Sebagai langkah ilustrasi dalam melukis garis sejajar dengan belah ketupat bisa dilihat animasi berikut ini.
Clixk To Zoom
Diberikan sebuah garis l dan satu titik P. Penjelasan animasi tersebut dan langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

Buatlah garis sembarang yang melewati titik P dan memotong garis l. Garis tersebut tidak harus tegak lurus. Kemudian beri nama perpotongan garis yang baru saja dibuat dengan garis l Q sehingga diperoleh garis PQ.

Selanjutnya lukis busur dengan pusat di Q dan jari jari PQ dengan menggunakan jangka. Beri nama perpotongan busur dan garis l dengan nama R. Next, lukis busur lagi dengan P dan R sebagai pusatnya dan berjari jari PQ. Perpotongan tersebut diberi nama titik S.

Dalam hal ini, PQRS jika dihubungkan akan berbentuk sebuah belah ketupat (rhombus). Sebagaimana sifat belah ketupat PQ//RS dan PS// QR. Untuk soal ini, maka selesai sudah gambar dimana QR // PS, karena QR tersebut adalah bagian (dan bisa disebut sebagai) garis l.

Nah sekarang bagaimana menurut kalian? Cara mana yang paling mudah? Berbagi pendapat dan kritik dan saran yuk di kolom komentar.


Loading...