Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Filsafat dalam Pandangan Islam

Membicarakan filsafat islam perlu dikenalkan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan filsafat islam. Pengertian filsafat islam adalah filsafat yang berada dalam sudut pandang seorang muslim. Sebagaimana pendidikan islam yang, yaitu pendidikan dalam sudut pandang islam. Layaknya sifat umum filsafat, karena berupa pemikiran manusia, hal yang bersifat bertentangan satu sama lainnya adalah biasa, termasuk kekeliruan yang terjadi.
filsafat dalam islam
Bagaimana pandangan islam terhadap Filsafat?
Asal muasal kata filsafat diketahui dari Yunani, kata philo yang bermakna cinta dan sophia yang berarti kebijaksanaan. Secara keseluruhan bisa diartikan sebagai usaha manusia untuk mengerti secara radikal dalam satu kesatuan yang sistematis mengenai Tuhan, manusia dan alam sebagai ciptaan Tuhan. Ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah pengetahuan tentang hakikat, bagaimana seharusnya bersikap dalam mencapai ilmu tersebut.

Penggunaan kata filsafat menurut Harun Nasution memang berasal dari Yunani. Lalu bangsa Arab menyerap kata tersebut menjadi kata falsafah. Sementara itu, Musa Asyarie memaparkan bahwa hakikat dari flsafat islam adalah filsafat yang bernafaskan syariah. Penggunaan istilah yang tepat adalah islamic philosophy bukan the philoshophy of Islam. Perbedaan kata tersebut adalah, islamic philosphy adalah mengunakan pemikiran islam dalam berfilsafat. Sementara the philosophy of islam lebih menggambarkan bagaimana mengkaji islam secara filsafat.

Dari perspektif islam dijelaskan bahwasanya filsafat adalah usaha atau upaya dalam memberikan penjelasan bagaimana Allah menyampaikan sebauha kebenaran dengan pemikiran yang resional. Beberapa ahli filsafat muslim seperti Al Kindi, Ibnu Sina (Avicenna) berpendapat bahwa filsagat adalah hal yan mengenai batas kemungkinan jiwa manusia. Ditambahkan Ibnu Sina bahwa filsafat menyempurnakn jiwa dengan konsep dan pertimbangan secara teoritis dan praktis dalam keterbatasan kemampuan manusia. Terkait: Biografi Al Kindi.

Kalangan umat muslim ber-filsafat islam membahas perkembangan dan kemajuan roh. Termasuk di dalamnya ilmu lain, dijelaskan dalam kitab Al Qur’an bahwasanya semua kejadian di alam ini menjadi petujuk dari sang Pencipta.Tujuan filsafat islam adalah membuktikan kebenaran firman Allah sebagai sebuah hukum dan keterbatasan akal manusia untuk memahami Pencipta itu (dari apa Allah?, dari mana asal Allah, ini contoh hal yang diluar kemampuan manusia).

Dibandingkan dengan filsafat umum, secara objektifitas memang memiliki kesamaan antara filsafat umum dan filsafat islam. Tetapi, dari segi metoda terdapat perbedaan. Pada filsafat umum terdapat kebebasan mutlak, sementara pada filsafat islam harus patuh pada aturan aturan agama. Jadi, bisa disimpulkan bahwasanya filsafat islam adalah hasil buah pikir manusia secara radikal, sistematik dan universal tentang hakikat Pencipta Tuhan, yang diciptakan (alam dan manusia) dengan berlandaskan ajaran islam. Baca juga : Pengertian Filsafat.

Loading...