Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Langkah Melukis Garis Singgung Persekutuan Luar Lingkaran

Garis Singgung Persekutuan Lingkaran adalah suatu garis yang mnyinggung bagian pinggir dari dua buah lingkaran yang tidak sepusat. Dalam hal ini ada dua kemungkinan yang akan terjadi. Pertama garis singgung persekutuan luar lingkaran dan garis singgung persekutan dalam lingkaran. Masing masing tersebut akan dijelaskan nanti masing masing.

Pada permasalahan ini akan ditemui dua kemungkinan soal. Pertama yaitu menghitung garis singgung antara dua lingkaran dan melukis garis singgung permukaan lingkaran tersebut. Pada postingan kali ini akan dijelaskan Cara Melukis Garis Singgung Lingkaran.

Pada bagian pertama ini kita akan melihat bagaimana cara melukis garis singgung persekutuan luar antara dua lingkaran. Sebagai bentuk gambaran bagian mana yang merupakan garis singgung luar lingkaran ini, lihat aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Perhatikan sebuah sepeda, pada bagian pedal dan roda belakanag akan terhubung oleh rantai. Dalam hal ini bisa di ibaratkan roda tersebut adalah lingkarannya dan rantai tersebut adalah garis singgungnya. Berikut cara melukis garis singgung persekutuan luar lingkaran ini. Tapi sebelumnya coba pahami animasi berikut ini, selanjutnya baca penjelasan langkahnya.
Click to Zoom GIF
Lukis dua buah lingkaran. Lingkaran pertama dengan pusat A dengan jarijari r1 dan Lingkaran ke dua berpusat di B dengan jari jari r2. Lalu, hubungkan dua titik pusat sehingga di dapat garis AB.

Lukis busur lingkaran. Pertama dengan pusat di titik A dan ke dua dengan pusat titik B (jari jari terserah). Perpotongan busur tersebut beri nama titik C dan titik D. Hubungkan CD, sehingga garis CD memotong garis AB pada titik E.

Langkah ketiga, Lukis sebuah lingkaran lain dengan pusat di titik E yang memiliki jari jari EA. Berikutnya lukis juga lingkaran yang berpusat di A dengan radius (jari-jari) r1-r2. Pada langkah ini akan ditemukan perpotogan lingkaran yang berpusat di E dengan titik X dan Y. Hubungkan A dengan titik X dan titik Y. Garis AX dan AY tersebut akan memoton lingkaran A pada titik yang diberi nama F dan G.

Langkah ke- empat Lukis lingkaran dengan pusat F(lingkaran F) dengan jari jari XB sehingga akan memotong lingkaran B pada titik H. Lukis juga lingkaran satu lagi dengan pusat G dengan jari jari YYB dan memotong lingkaran B di titik .

Langkah terakhir, buat lah garis FH, dan GI. Garis FH dan GI tersebut adalah garis singgung persekutuan luar dari lingkaran AB.

Itulah 5 langkah yang bisa digunakan dalam menggambar garis singgung persekutuan luar lingkaran. Agar lebih lancar sebaiknya lakukan secara berulang kali. Sementara itu untuk melakukan perhitungan bisa dibaca pada postingan yang terkait : Cara Menghitung Garis Singgung Persekutuan Luar Lingkaran Beserta Kalkulator -nya.
Cara Melukis Garis Singgung Lingkaran Lainnya:







Loading...