Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Langkah Melukis Garis Singgung Persekutuan Dalam Lingkaran

Garis Singgung Persekutuan dalam Lingkaran adalah sebuah garis yang menyinggung bagian pinggir dari dua lingkaran yang tak sepusat dan garis tersebut menyilang dari atas lingkaran pertama ke bagian bawah lingkaran ke dua atau bisa juga sebaliknya. Pada kasus garis singgung ini ada ditemui dua kemungkinan sebenarnya. Pertama garis singgung persekutuan luar lingkaran (posisi atas lingkaran 1 dan atas lngkaran 2 atau di bawah lingkaran satudan bawa lingkaran dua. Lalu ada garis singgung persekutan dalam lingkaran. Satu per-satu dari masalah tersebut akan dikupas tuntas nantinya.

Berbicara tentang tipe soal, akan ditemukan jua dua tipe soal. Pertama yaitu model menghitung garis singgung antara dua buah lingkaran. Untuk tipe ke-dua yaitu melukis garis singgung persekutuan lingkaran tersebut. Sekarang akan diperkenalkan Cara Melukis Garis Singgung Lingkaran.

Pada bagian kedua ini kita akan membahas langkah atau cara melukis garis singgung persekutuan dalam pada dua lingkaran. Untuk yang ingin melihat bagian pertama, bisa membaca pada artikel terkait pada blog ini : Langkah Melukis Garis Singgung Persekutuan Luar Lingkaran.

Kembali ke topik, langkah apa saja yang dilakukan untuk melukis garis singgung persekutuan dalam lingkaran ini? Untuk tahap awal, bisa diperhatikan animasi GIF langkah melukis garis singgung persekutuan dalam lingkaran ini. Agar lebih memahami pada bagian bawah akan ditemukan penjelasannya.
click to zoom picture
Lukislah dua buah lingkaran, lingkaran P (pusat di P) dan lingkaran Q (pusat di Q). Lingkaran P dilukis dengan jari jari r1. Sementara lingkaran Q dengan jari jari r2. Hubungkan titik P dan Q sehingga membentuk garis PQ.


Langkah ke dua, lukis dua buah busur lingkaran dengan pusat masing masing di P dan di Q. Untuk jari jari-nya ketika melukis bisa di atur sesuka hati. Dua buah busur tersebut akan berpotongan di dua titik dan berlilah nama R dan S dan dihubungkan sehingga didapat garis RS. Garis RS sendiri akan memotong PQ di sebuah titik (beri nama titik T).

Langkah ke tiga, melukis lingkaran dengan pusat T yang memiliki jari jari TP. Berikutnya, akan dilukis sebuah lingkaran lain dengan pusat di titik P yang memiliki jari jari r1+r2.Lingkaran tersebut akan memontong lingkaran yang berpusat di T (lingkaran yang dilukis sebelumnya) pada dua buah titik, beri saja nama U dan V. Buatlah garis PU dan PV dimana memotong lingkaran P di titik K dan L.

Langkah ke empat, Lukis sebuah busur lingkaran dengan pusat di K dengan jari jari UQ. Garis tersebut akan memotong lingkaran Q di titik M. Lukis pula sebuah busur lain dengan pusat L beserta jari jarinya VQ. Ini akan menghasilkan perpotongan di titik N.

Langkah terakhir
,hubungkan titik K dengan M menjadi KM. Begitu juga dengan titik L dan N, sehingga diperoleh titik LN. Kesimpulannya KM dan LN adalah garis singgung persekutuan dalam lingkaran P dan Q (dua lingkaran yang pertama kali di buat).

Nah itulah, 5 langkah mudah dalam melukis garis singgung persekutuan dalam lingkaran. Agar lebih lancar coba lakukan berulang kali. Untuk tipe soal menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam lingkaran, bisa di baca pada postingan terkait : Cara Menghitung Garis Singgung Persekutuan Dalam Lingkaran dan Kalkulator –nya. Semoga ilmu ini bermanfaat dan get perfect pas lagi ulangan nantinya.
Cara Melukis Garis Singgung Lingkaran Lainnya:







Loading...