Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Contoh Soal dan Pembahasan Perbandingan Senilai

Perbandingan atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah comparison  adalah Melihat hubungan sebuah nilai dengan nilai yang lain. Antara ke dua nilai tersebut (nilai yang dilihat dan nilai acuan) ada suatu faktor konstanta tertentu. Jika dianggap faktor konstanta tersebut adalah k, maka k tersebut di dapat dari : k = nilai dilihat / nilai acuan.

Lalu bagaimana dengan perbandingan senilai? Perbandingan senilai adalah perbandingan dimana terdapat 2 pasang elemen yang di lihat.  Misalkan x1,x2, y1,y2 dalam hal ini kita akan memandang x sebagai sebuah faktor konstanta dan akan dicari nilai salah satu y jika diketahui sebuah y yang lainnya. Uraian ini akan cukup membingungkan jika ditulis dalam bahasa Indonesia, akan lebih mudah dipahami jika ditulis dalam bahasa matematika, berikut jika ditulis dalam bahasa matematika :
Dari perumusan di atas akan didapat bahwasanya x dan y merupakan perbandingan yang senilai. Maksudnya, jika x diperbesar nilainya maka y juga akan ikut besar nilainya. Untuk mempermudah pemahaman, berikut soal dan langkah menyelesaikan sebuah masalah perbandingan.


Langkah Menyelesaikan Soal Perbandingan Senilai

Sebelum menyelesaikan sebuah soal, maka sebaiknya dipahami terlebih dahulu langkah langkah berikut. Ini akan mempermudah dan mempercepat proses penyelesaian soal.
  1. Identifikasi apa yang akan diperbandingkan
  2. Tetapkan kondisi, kondisi I dan kondisi 2
  3. Lakukan perhitungan dengan menggunakan rumus di atas.
Setelah mengetahui langkah di atas. Mari kita lihat sebuah contoh soal dan pembahasan tentang perbandingan senilai ini.

Contoh Soal dan Pembahasan Perbandingan Senilai

Soal : Harga setengah lusin buku tulis adalah Rp 12.000,00. Berapakah harga 8 buah buku tulis?
Pembahasan : Dari soal di atas bisa dilihat ada dua hal yang akan dibandingkan yaitu buku tulis dan harga buku tulis. Agar mempermudah perhatikan tabel di bawah ini. 

Jumlah Buku (x)
Harga Buku (y)
I
½ lusin = 6 buah (x1)
12.000 (y1)
II
8 buah (x2)
Berapa? (y2)
Setelah membuat tabel di atas, artinya kita telah menyelesaikan 2 langkah. Lanjutkan ke langkah ke-tiga dimana akan dihitung menggunakan rumus :
soal dan pembahasan perbandingan senilai
Setelah di dapat seperti di atas, lakukan perkalian silang. 
6 x y2   = 8 x 12.000  (* 6 dan 12.000 sama sama dibagi 6)
y2  = 8 x 2.000
y2 = 16.000
Jadi bisa diketahui harga untuk 8 buku adalah Rp 16.000,00.
Tips : Untuk mempermudah perhitungan Bisa dicoba menggunakan kalkulator kami di : Kalkulator untuk Menghitung Perbandingan.
Bagaimana? Cukup memudahkan bukan dengan menggunakan bantuan tabel identifikasi di atas. Sekarang untuk latihan sendiri bisa dicoba soal berikut : Harga dari 12 meter kain adalah Rp 72.000,00. Berapakah harga 10 meter kain? Coba dihitung sendiri dengan langkah di atas. Jika benar maka akan diperoleh jawaban Rp 60.000,-.  Jangan lupa juga lihat jenis perbandingan lain yaitu Perbandingan Berbalik Nilai. Bisa dibaca di artikel terkait : Perbandingan Berbalik Nilai.


Loading...