Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Kalkulator Transformasi Geometri dengan Matriks

Salah satu bentuk transformasi geometri selain dengan translasi, rotasi, refleksi dan dilatasi adalah dengan menggunakan matriks. Matriks yang digunakan untuk trnasformasi tersebut disebut matriks transformer.

Hasil Transformasi Oleh Matriks

Hasil transformasi dengan menggunakan matriks sama saja dengan transformasi lainnya. Hasil dari transformasi tersebut tidak akan merubah jenis bangun objek. Apabila titik ditransformasikan maka tetap akan didapat hasil titik. Bila ditransformasikan garis, hasilnya tetap garis begitu juga dengan bidang dan bangun ruang.

Dalam mencari hasil tranformasi tersebut maka, misalkan diketahui titik (x,y) ditransformaskan oleh matriks M. Maka penyelesaian umum bisa ditulis.
transformasi geometri oleh matriks
Untuk mencari hasil akhir maka matriks M dikalikan dengan titik asal. Sehingga didapat pasangan titik. Pasangan titik tersebutlah yang menjadi hasil bayangan transformasi. Baca juga : Kalkulator transformasi geometri Translasi, Refleksi, Rotasi dan Dilatasi.

Mencari Titik Asal Transformasi oleh Matriks

Kemungkinan tipe soal berikutnya adalah mencari titik asal transformasi yang diketahui titik hasil transformasi. Misalkan diketahui bayangan hasil transformasi (x', y') sebagai hasil transformasi titik A(x,y) oleh matriks M. Tentukan titik (x,y). Untuk hal ini dasar penyelesaian diambil dari persamaan diatas.
A' = M.A
M-1.A'=M-1.M.A
M-1.A'=I.A
M-1.A'=A
Jadi:  A=M-1.A'
Dalm hal ini harus menguasai kembali perkalian matriks. Namun pada kesempatan ini kita tidak akan membahas contoh soal dan penyelesaian tentang tranformasi oleh matriks. Tidak juga mengenai teori tranformasi geometri oleh matriks A. Berikut ini akan di tawarkan cara mudah menyelesaikan transformasi geometri dengan atau oleh matriks A.

Caranya dihitung dengan menggunakan kalkulator transformasi geometri oleh Matriks. Disini bisa digunakan dua fungsi, yaitu mencari hasil bayangan titik (x,y). Atau mencari titik asal dari (x',y') yang ditransformasikan oleh matriks. Penggunaanya cukup sederhana, cukup dengan input semua nilai yang diketahui dan pilihlah tipe soal, apakah mau mencari hasil bayangan atau titik awal.

Kalkulator Transformasi Geometri dengan Matriks

Titik (x =   , y = )



oleh matriks :
     

     

     
Scripted by: marthayunanda


Note: Jika transformasi dilakukan dengan 2 Matriks, maka kalikan 2 matriks tersebut terlebih dahulu. Ketentuannya adalah dengan mengalikan Matriks Kedua dengan Matriks Pertama (jangan terbalik) atau bisa di tulis M1 o M2. Agar memudahkan dalam perkalian Matriks bisa digunakan : Kalkulator Perkalian Matriks 2x2.



Loading...