Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Kalkulator untuk Menghitung Transformasi Geometri

Transformasi geometri adalah perubahan bentuk geometrik dari sebuah objek. Objek tersebut bisa saja titik, garis dan bangun. Untuk dasar transformasi geometri ini maka digunakan titik. Misalkan titik (3,1) ditransformasikan sehingga menjadi titik (4,2).
contoh soal dan pembahasan transformasi geometri

Transformasi Geometri : Translasi

Translasi merupakan perubahan posisi. Bentuk objek tidak akan berubah ketika di translasikan. Dalam bahasa Indonesia translasi ini dikenal dengan pergeseran.

Untuk mencari pergeseran tergolong mudah. Nilai akhir di dapat dari penjumlahan masing masing titik awal dengan vektor pen-translasinya. Misalkan titik (x,y) ditranslasikan dengan (a,b). Maka hasil akhirnya adalah (x+a, y+b). Contoh soal dan Pembahasan translasi.

Tentukan bayangan (hasil)  titik (2,4) yang ditranslasikan sejauh ( 5,1). Untuk menjawabnya kita tinggal menjumlah (2+5, 4+1) = (7,5). Jadi hasil akhirnya adalah titik (7,5). Memang sangat mudah sekali, tetapi berikut ada kalkulator transformasi geometri untuk translasi yang mungkin nanti dibutuhkan ketika sudah transformasi lebih dari 2 kali.

Kalkulator Menyelesaikan Soal Translasi/Geser


Titik x = dan y=
ditranslasi oleh
a = dan b = .

     Copyright : marthayunandaTM

Transformasi Geometri : Rotasi

Rotasi, bumi berotasi pada sumbunya. Artinya bumi berputar pada sumbunya. Rotasi adalah bentuk perubahan posisi suatu objek yang diputar dengan sudut tertentu. Dalam hal ini ada rotasi titik (x,y) dengan sudut A pada pusat (a,b). Atau rotasi titik (x,y) dengan sudut A pada pusat (0,0). Contoh soal dan Pembahasan soal tentang Rotasi ini misalnya:

Tentukan bayangan titik (1,4) yang dirotasikan sejauh 90 derajat dengan pusat (2,3)? Oh iya dalam rotasi juga harus diperhatikan jika sudut negatif rotasi searah jarum jam dan jika sudut positif rotasi berlawanan arah dengan jarum jam.

Sekarang kita tidak akan membahas bagaiman menyelesaikan rotasi. Di sekolah kamu pasti sudah diajarkan. Tetapi, disini ada cara cepat menyelesaikan soal rotasi. Yaitu dengan kalkulator menghitung rotasi di bawah ini.

Kalkulator Menyelesaikan Soal Rotasi/Putar


Titik x = dan y=

dirotasi sebesar (Sudut) : derajat.

Dengan pusat a = , b = . (*Masukkan a= 0 dan b=0 jika pusat di O atau tidak diketahui)

     Copyright : marthayunandaTM

Transformasi Geometri Refleksi

Refleksi biasa juga diistilahkan dengan pencerminan. Semua tergantung cermin yang digunakan. Bisa dicerminkan terhadap sumbu x, pencerminan terhadap sumbu y, pencerminan terhadap garis x =k dan pencerminan terhadap garis y=k dan lain lain. Masing masing punya penyelesaian sendiri.

Pada Contoh soal dan Pembahasan Refleksi pasti biasa akan ditemui soal. Tentukan hasil pencerminan /refleksi dari titik (5,2) terhadap sumbu x, pencerminan terhadap garis y = -2 dan lain lain. Kita tidak akan membahas penyelesaian yang banyak tersebut. Untuk memudahkan kamu bisa menggunakan kalkulator untuk menyelesaikan soal transformasi geometri refleksi di bawah ini. Silahkan dipilih nanti direfleksikan terhadap apa.

Kalkulator Menyelesaikan Soal Refleksi/Pencerminan


Titik x = , y = .
k= . [ Isikan kolom ini dengan nilai k untuk refleksi x=k atau y = k, jika tidak biarkan kosong ]



     Copyright : marthayunandaTM


Transformasi Geometri : Dilatasi

Dilatasi merupakan sebuatan untuk perubahan ukuran. Perubahan ukuran tersebut dikarenakan perbesaran/diperkecil dengan skala k. Pada contoh soal dan pembahasan dilatasi bisa saja ditemukan dua tipe soal.

Dilatasi titik (x,y) dengan pusat (0,0). Tipe kedua Dilatasi titik (x,y) dengan pusat (a,b). Namun pada kesempatan ini kita tidak akan bahas bagaimana menyelesaikannya dengan berkarya di kertas. Kita akan menyelesaikan dengan kalkulator untuk transformasi geometri : dilatasi di bawah ini.

Kalkulator Menyelesaikan Soal Dilatasi/ Perbesaran


Titik x = dan y=

di dilatasi sebesar k =

dengan pusat a = , b = .(*Masukkan a= 0 dan b=0 jika pusat di O atau tidak diketahui )

    Copyright : marthayunandaTM
Itulah kalkulator transfomasi geometri untuk menyelesaikan soal translasi, rotasi, refleksi dan dilatasi. Semoga kalkulator berikut ini bisa berguna dan membantu kamu ya.



Loading...