Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Kalkulator untuk Menghitung Permutasi

Permutasi didefenisikan sebagai bentuk susunan r buah unsur dari n buah unsur. Dengan kata kunci susunan maka dalam permutasi harus diperhatikan urutan unsur yang disusun. Dalam sebuah contoh, misalkan menyusun huruf. Misalkan ada M,E,N. Bentuk susunan lainnya adalah N E M, EMN, ENM,NME, MNE. Semua kemungkinan tersebut dianggap sebagai kejadian yang berbeda.
Bila menyusun r buah unsur dari n buah unsur yang tersedia bisa dinotasikan dalam bentuk nPr. Secara matematis dapat digunakan Rumus permutasi sebagai berikut.
rumus permutasi
Dengan keterangan, n banyak unsur yang tersedia. r berapa unsur yang akan digunakan dalam susunan. Agar lebih memudahkan dalam memahami, bisa diperhatikan contoh soal sebagai berikut.

Dalam suatu kelas akan dipilih ketua, wakil dan bendahara kelas. Apabila terdapat 10 orang calon. Berapa banyak cara pemilihan perangkat kelas tersebut.

Penyelesaian : Diketahui banyak unsur yang akan digunakan (r) = 3. Sementara itu ada 10 orang calon (tersedia 10 orang) n =10. Sekarang notasi untuk permutasi ini bisa ditulis 10P3. Dalam perhitungan, bisa di tulis 10! / (10-3)! = 10 !/ 7! = 10.9.8.7.6.5.4.3.2.1 / 7.6.5.4.3.2.1 = 10.9.8= 720. Jadi bisa banyak cara pemilihan ketua, wakil dan bendahara kelas tersebut adalah dengan 720 cara. Lebih banyak Contoh Soal dan Penyelesaian Permutasi serta Penjelasannya.

Untuk memudahkan perhitungan tersebut, bisa digunakan kalkulator untuk menghitung permutasi. Tidak perlu repot melakukan perkalian. Cukup dengan memasukkan angka n nya berapa dan r-nya berapa.

Dalam menggunakan kalkulator ini nantinya, harus dipahami hal berikut. Kotak sebelum P adalah nilai n (banyak unsur yang tersedia) dan kotak setelah P adalah r (banyak susunan yang diinginkan). Atau sesuai dengan bentuk notasi umum permutasi : nPr. Kemudian bisa dilanjutkan dengan tombol Hitung. Selain ada hasil akhir juga bisa dilihat langkah penyelesaianya.

Kalkulator Menghitung Permutasi


Masukkan Nilai n dan r pada kotak di bawah ini. Selanjutnya tekan Hitung. Akan ditampilkan nanti hasil akhir beserta lankah penyelesaian.
P

       
credit : marthayunanda



Itulah kalkulator untuk menghitung permutasi. Jangan lupa dibagikan pada teman teman yang lain. Untuk melihat kalkulator lainnya bisa dilihat di halaman Daftar isi/sitemap .


Loading...