Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Aplikasi Matriks dalam Kehidupan Sehari Hari

Pengertian Matriks adalah himpunan bilangan, simbol ataupun ekpresi yang disusun dalam formasi persegi/persegi panjang. Unsur unsur dalam matriks tersebut disebut dengan elemen matriks. Setiap elemen ditunjukkan dengan indeks baris dan kolom. Contoh matriks sebagai berikut :
aplikasi matriks dalam kehidupan sehari hari
Jika diperhatikan di atas huruf A adalah nama matriks. Kemudian bisa dilihat isi dari matriks dari a11 hingga a 23 disebut dengan element matriks. Jika anda perhatikan pada bagian atas yang dilingkari berwarna merah terdapat a12. Indeks satu menyatakan baris dan indeks 2 menyatakan kolom. Dari matriks diatas bisa disumpulkan terdapat 2 baris dan satu kolom.

Siapakah penemu matriks? Penemu matriks adalah Arthur Cayley. Kemudian untuk sebuah matriks harus memenuhi syarat syarat di bawah ini.
  1. Berupa susunan bilangan
  2. Harus diberi nama
  3. memiliki baris dan kolom
  4. susunan elemen berbentuk persegi panjang atau persegi dan dibatasi oleh kurung siku

Kegunaan Matriks dalam Kehidupan sehari hari

Kegunaan atau penerapan matriks dalam kehidupan sehari hari pada umumnya adalah untuk membuat model sebuah permasalahan. Beberapa contoh aplikasi matriks dalam kehidupan sehari hari seperti,

Penyelesaian permasalahan persamaan linear, transformasi geometri. Terutama ketika melakukan transformasi geometri dalam ruang. Ini akan mempermudah kita dalam melakukan perhitungan.  Terkait :Kalkulator Menghitung Transformasi Geometri dengan Matriks.

Penyelasaian masalah yang mengandung banyak variabel. Contohnya dalam perekonomian, kedokteran dan bidang lainnya.

Penggunaan dalam penyelesaian program linear yang berhubungan dengan input output pada bidang ekonomi, statistik. Juga pada bidang pendidikan, manajemen, kimia dan lainnya. Lebih lanjut ini digunakan dalam penelitian dalam penemuan dan penambangan minyak bumi. Terkait : Kalkulator untung Menghitung Perkalian Matriks.



Loading...