Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Biografi Arthur Cayley, sang Penemu Matriks

Arthur Cayley adalah anak dari pedagang yang bernama Henry Cayley dengan seorang wanita yang bernama Maria Antoina Doughty. Arthur Cayley dilahirkan di Inggris tepatnya di Richmond, Surrey. Masa kecilnya dihabiskan di Rusia, kota St Petersburg,hingga pada akhirnya keluaarganya kembali ke London.


Pendidikan dan Kehidupan Cayley

Arthur Cayley, ahli matematika berkebangsaan Ingris ini lahihr pada  tanggal 16 Agustus 1821. Dan wafat pada tanggal 26 Januari tahun 1895. Kemampuannya dalam berhitung telah terlihat ketika dia sekolah dii King College di tahun 1835.

Pendidikan tinggi Cayley dimulai pada tahun 1838 dengan kuliah di Tinity College. 3 Tahun berselang Cayley lulus. Ahli matematika yang hobi membaca novel Jane Austin, Byron, Thackeray dan Shakespeare ini mengarang dua karya di Cambridge Mathematical Journal.

Karirnya dimulai dengan mengajar di Cambridge disela melanjutkan pendidikannya. Dalam rentang waktu tersebut karyanya mencapai 28 makalah untuk Cambridge Mathematical Journal. Karya karya dari Cayley nampaknya banyak bergaya ala Laplace dan Lagrange.

Selepas kontrak di Cambridge, Cayley menjaadi tutor di Fellow of Trinity. Di samping itu dia juga melanjutkan beberapa penelitian tentang matematika. Bisa dibilang, matematika yang dipelajarinya hanya dengan modal bakat alamiah. Dalam pendidikannya, Cayley sebenarnya adalah mahasiswa jurusan Hukum. Bahkan dia juga pernah menjadi pengacara.

Profesi pengacara sendiri dijalaninya hanya sebatas rutinitas. Sementara ketekunannya tetap pada matematika. Ini dibuktikan dimana pada usia 17 tahun Cayley telah berhasil menemukan matriks. Cayley dinobatkan sebagai penemu matriks dalam matematika. Selain itu, Cayley juga dikenal dengan teorema Cayley.

Di tahun 1862 Cayley diterima untuk menjadi pengajar matematika murni di Cambridge. Meskipun gaji pengajar jauh di bawah gajinya sebelumnya yaitu menjadi pengacara, namun Cayley memilih jalan hidup menjadi seorang pengajar matematika. Tercatat lebih 900 makalah telah dibuat Cayley, membahas semua bidang matematika, dari Aljabar hingga trigonometri.

Karya Karya Cayley

Di tahun 1849, Cayley telah menyelidiki tentang permutasi -Cauchy. Sebelumnya di tahun 1845 beliau telah mengeluarkan karya nya on the theory of linear. Terkait : Hasil Penemuan Cauchy

Kemudian karyanya tentang himpunan abstrak dimulai pada tahun 1854. Cayley memberikan defenisi himpunan abstrak denan memberikan tabel perkalian himpunan dengan himpunan permutas istimewa. Berikut tabel tersebut dikenal dengan " Cayley Tabel".

Selanjutnya kontribusi Cayley terbesar adalah teori invarian dan mengembangkan geometri n dimensi. Ini diaplikasikan dalam bidang fisika dalam teori mekanika kuantum. Dasar dasar tersebut yang dikembangkan Heisenberg dalam teori mekanika kuantum fisika. Selain itu beberapa teorema Cayley juga ada di fungsi Elips.

Loading...