Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Contoh Soal dan Penyelesaian Mencari Asimtot Tegak (Vertikal)

Asimtot adalah garis dimana sebuah kurva akan mendekati nilai garis tersebut. Namun kurva tak akan pernah memotong ataupun menyinggung garis tersebut. Lebih lanjut mengenai asimtot bisa dibaca pada artikel terkait mengenai asimtot yang bisa dilihat pada daftar isi blog ini atau mencari pada kotak pencarian. Untuk saat ini akan dibahas mengenai cara mencari asimtot tegak.
Asimtot tegak adalah sebuah garis dengan persamaan x= h dimana garis tersebut tidak akan pernah dipotong ataupun di singgung oleh kurva. Hal ini berlaku pada fungsi rasional dan berbentuk pecahan yang digambarkan pada sebuah bidang Cartesius.

Misalkan diberi sebuah fungsi rasional :
Lalu bagaimana cara mencari asimtot tegaknya? Untuk mencari asimtot tegak caranya cukup sederhana. Kita tinggal membentuk sebuah pembuat nol dari penyebut. Coba perhatikan penyebut dari fungsi di atas adalah 4-x. Jika dicari pembuat nolnya .  4-x =0  & x= 4.

Persamaan x =4 tersebut adalah asimtot tegaknya. Jika ingin membuktikan, fungsi tersebut bisa dibuat dalam bidang Cartesius seperti gambar di bawah ini.

Bila gambar diperluas dan kurva diperpanjang, kurva tidak akan pernah  menentuh garis biru. Garis biru itu sendiri adalah asimtot tegak, dimana memiliki persamaan x =4. Sesuai bukan dengan hasil perhitungan?

Sekarang coba perhatikan contoh kedua berikut ini, diberikan sebuah fungsi dengan bentuk, f(x) = ( 2x2 - 3x -1) / (x-2). Untuk menentukan asimtotnya tinggal mencari pembuat nol penyebut. Penyebut x -2, pembuat nolnya adalah x =2. Jadi asimtot tegaknya adalah x =2.


Loading...