Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Contoh Soal dan Pembahasan Mencari Asimtot Miring

Asimtot adalah garis dimana sebuah kurva akan mendekati nilai garis tersebut. Namun kurva tak akan pernah memotong ataupun menyinggung garis tersebut. Lebih lanjut mengenai asimtot bisa dibaca pada artikel terkait mengenai asimtot yang bisa dilihat pada daftar isi blog ini atau mencari pada kotak pencarian. Untuk saat ini akan dibahas mengenai cara mencari asimtot miring.
Diketahui fungsi  f(x) = ( 2x2 - 3x -1) / (x-2). Tentukan persamaan garis asimtot fungsi tersebut.

Cara mencari persamaan garis asimtot miring yaitu dengan membagi terlebih dahulu fungsi tersebut. Ingat bahwasanya sebuah fungsi memiliki asimtot jika dalam bentuk pecahan atau :
Untuk menyelesaiakan soal di atas pertama silahkan dibagi terlebih dahulu pembilang dan penyebut. Tak masalah jika di dapatkan ada sisa. Setelah di bagi, akan didapatkan hasil dengan sisa 1. Sehingga bisa ditulis menjadi,

Hasil bagi ( 2x+1) adalah asimtot miring atau persaman garis asimtot miring. Cukup mudah bukan? Untuk pembuktian lebih lanjut, mari jika fungsi tersebut digambarkan akan berbentuk:
pengertian asimtot adalah

Bagian garis miring yang berwarna merah itu adalah asimtot. Kurva yang dibuat tak pernah memotong ataupun menyinggung kurva tersebut. Jika dicari persamaan garis tersebut maka, didapat lah bahwasanya persamaan garis tersebut adalah y = 2x+1. Sesuai sekali dengan hasil perhitungan tadi. Catatan terakhir tentang asimtot datar ini, sebuah fungsi tidak mungkin memiliki asimtot datar dan asimtot miring secara bersamaan. Terkait :Kalkulator Mencari Persamaan Garis.



Loading...