Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Biografi Euler

Euler dengan nama lengkap Leonhard Euler lahir pada tanggal 15 April 1707 dan wafatpada 18 September 1783. Euler diketahui berasal dari Swiss. Gambaran awal kontribusi Euler dalam matematika terdapat dalam kalkulus, logika matematika dan teori graf. Selain seorang ahli matematika, Euler dikenal sebagai seorang ahli fisika. Banyak sudah kontribusi beliau dalam dinamika fluida, astronomi, mekanika dan optik.

Euler pada masa dewasanya hidup di St Petersburg, Rusia, Prusia dan juga di Berlin. Ahli matematika lain , Laplace pernah berkata ‘ katakanlah Euler! Ayo katakan Euler, dia ahli dan guru bagi kita semua. Ini merupakan gambaran berapa kuat pengaruh Euler dalam Matematika.

Riwayat Hidup Euler

Euler lahir di kota Basel pada tanggal 15 April tahun 1707. Bapaknya bernama Paul Euler, bekerja sebagai pastor. Sementara ibunyya bernama Marguirite Brucker, yang notabenenya juga anak seorang pastor. Euler memiliki saudari yang bernama Anna Maria dan Maria Magdalena.

Selepas lahir di Base, orang tuanya pindah ke Riehen. Ayah Euler sendiri berteman dengan Johan Bernaoulli (ahli fisika dikenal dengan hukum Bernaoulli). Dari sinilah awal perkenalan Euler dengan ilmu pengetahuan, terutama fisika dan matematika.

Euler merupaka lulusan Universitas Basel dengan gelar Master of Philoshopy. Tugas akhir disertasinya mengangkat tema perbandingan Descartes dan Newton Terkait : Biografi Rene Descartes.. Selain itu Euler juga belajar teologi Yunani, bahasa Yunani dan Ibrani. Ayahnya menginginkan Euler menjadi seorang pastor, namun berkat Bernaoulli yang mengetahui kemampuan Euler, akhirnya Bernaoulli meyakinkan ayah Euler bahwasanya bakat Euler di bidang fisika dan matematika sangat luar biasa.

Adalah di tahun 1727, Euler menjadi juara dua Paris Academy Prize Problem. Sebuah kompetisi sains dengan soal pemecahan masalah. Masalah yang dipecahkan ketika itu adalah bagaimana cara meletakkan sebuah tiang-kapal. Euler hanya kalah dari Pierre Bouger yang memperoleh peringkat 1. Selanjutnya Pierre Bouger sendiri sekarang dinobatkan menjadi ‘bapak arsitektur angkatan laut’.

Setelah tahun pertama menjadi juara kedua, untuk 12 tahun berikutnya Euler menjadi juara pertama. Di sinilah tercermin bagaimana bakat matematika yang dimiliki Euler.

Pada tanggal 10 Juli 1726, Nicolas Bernaoulli meninggal (anak dari Johan Bernaoulli). Posisinya di Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia di St Petersburg kosong. Atas saran Daniel Bernaoulli (juga anak Bernaoulli) Euler diajukan untuk mengantikan posisi tersebut.

Peter, Raja Rusia kala itu sangat mempedulikan ilmuwan asing di negaranya. Ini bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan di negaranya. Setelah Peter dan istrinya Catherine wafat maka pemerintahan diwariskan pad Peter II. Sayangnya atas provokasi banyak pihak, para ilmuwan asing di curigai, ini membuat Euler kurang nyaman tinggal di Rusia. Akhirnya pada tahun 1731, Euler menjadi kepala departemen matematika di Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia tersebut, karena Daniel Bernaoullu memutuskan meninggalkan jabatan ini dan pindah ke Basel.

Tanggal 7 Januari 1734, Euler menikah dengan Katharina Gsell. Euler dan istrinya kemudian tinggal di pinggiran sungai Neva.

Kontribusi Euler dan Hasil Karya Euler

Euler meninggalkan hasil karya berupa kurva tertutup dalam mendeskripsikan silogisme. Kurva tersebut dikenal dengan nama kurva Euler. Salah satu pemikiran Euler dalam Bilangan prima. Bisa dibaca di artikel terkai : Sejarah Bilangan Prima.

Pemikiran Euler tidak sejalan dengan Leibniz dan Christian Woff. Euler berpendapat bahwasanya ilmu-pengetahuan terbentuk dari sebuah hukum kuantitatif. Hal tersebut tidak sesuai dengan Leibniz dan Woff. Euler dikenal sebagai seorang yang relijius, Euler tidak suka dengan doktrin Leibniz dan Woff yang terkesan atheis.

Bukti ketaatan Euler terlihat dari sebuah surat yang dia kirim ke Putri Jerman, di surat tersebut tertulis ‘Rettung der Göttlichen Offenbahrung Gegen die Einwürfe der Freygeister’ yang artinya mempertahankanwahyu illahi dari para pemikir kebebasan. Pemikir bebas yang dimaksud adalah para penganut sekularisme dan atheis.
biografi euler
Foto Euler, Perangko dan Uang beserta Tanda Tangannya
Sebagai penghormatan pada Euler atas jasa-jasanya baik di Rusia, Swiss bahkan Dunia mengabadikan beliau. Swiss pernah mencetak uang kertas nominal 10 franc dengan gambar Euler. Sementara Rusia membuat perangko dengan gambar beliau. Dari astronomi, nama Euler diabadikan menjadi nama sebuah asteroid. Tak ketinggalan juga di bidang agama, Euler dikenal di semua gereja Lutheran. Dalam sebuah kalender Santo tertulis bahwasanya Euler adalah seorang yang taat dan aktif menentang bentuk bentuk atheisme. Baca juga : Biografi Jean Le Rond D'Alembert.

Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Biografi Euler"

Post a Comment