Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Filsafat Sejarah Menurut GWF Hegel

Sejarah menurut Hegel adalah proses perkembangan dari roh dalam waktu. Sementara alam didefenisikn sebagai perkembangan gagasan dalam ruang. Unsur utama pembentukan sistem tersebut secara keseluruhan dibentuk oleh ‘the great triad’ atau tiga unsur agung yaitu : roh, alam dan gagasan. Ketiga unsur tersebut terhubung seperti tabel di bawah ini.
Tesis
Antitesis
sintesis
Unsur
Ide
Alam
Roh
Struktur
Dialektika
Ruang dan waktu
Waktu
Ilmu
Logika
Geometri
Sejarah

Tokoh Filsafat aliran idealism
GWF Hegel
Sejarah Asli yang memaparkan tentang peristiwa, tindaka serta kondisi yang pada waktu sebelumnya telah disaksikan. Roh dalam hal ni bersifat langsung mengalami.Pengamatan peristiwa sejarah bisa saja merujuk pada kejadian yang dialami orang lain.

Sejarah reflektif, kehadiran ditransedentalkan melalui roh, tidak waktu. Dalam hal ini terdapat beberapa jenis utama.
  1. Sejarah Universal dimana pembahasan tentang keseluruhan sejarah di dunia atau suatu negara. Pembentuk sejarah universal ini adalah materi historik dan elaborasi.
  2. Sejarah Pragmatis. Penulisan dalam halini berbentuk bagaimana melibatkan diri dalam dunia asing. Ini akan membuka pemikiran terhadap aktualitas yang timbul.
  3. Sejarah Kritis, penulisan yang mengedepankan narasi dibanding mendepankan aktualitas. Penyampaian fakta dan tujuan bermodel narasi.
  4. Sejarah terbuka, penulisan dilakukan dengan abstrak dengan mengadopsi sudut pandang yang umum. Contohnya adalah sejarah agama, sejarah seni.
Sejarah Filosofis, dimana metode penulisan sejarah ini adalah bentuk kontenplasi yang berkaitan dengan filsafat. Kebenaran nilai sejarah bergantung pada intuisi oleh si-penyampai. Baca juga Biografi Georg Wilhelm Friedrich Hegel.


Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Filsafat Sejarah Menurut GWF Hegel"

Post a Comment