Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Pengertian Filsafat Menurut Ahli

Filsafat telah lahir semenjak zaman Yunani Kuno. Sejatinya bisa dikatakan filsafat telah ada semenjak manusia ada. Kenapa bisa dibilang begitu? Karena filsafat secara garis besar adalah proses penggunaan akal-budi manusia dalam mencari hakikat sesuatu. Setelah sebelumnya membahas bagaimana pengertian filsafat secara umum pada artikel Terkait : Pengertian Filsafat Dasar.. Sekarang Akan dilihat bagaimana pengertian filsafat menurut para ahli.

Plato. Filsafat menurut Plato adalah kegiatan yang berlangsung berupa kritik dan opini yang berlaku. Kebijaksanaan serta pengetahuan dalam intelektualitas tersebut diperoleh dari proses pemeriksaan kritis, diskusi dan gagasan sebagai penjelasan. Kritik dan opini tersebut yang menjadi alt dalam penyampaian diskusi, kritisi dan ide tersebut.

Aritstoteles. Menurut Aristoteles dalam sebuah bukunya dengan judul Metaphysics, filsafat adalah ilmu yang membahas bagaimana sesuatu yang ada sebagai sebuah hal yang ada dan berbeda dengan hal lainnya. Filsafat dinyatakan sebagai sebuah pengetahuan utama dan pengetahuan terakhir. Sebab untuk bisa memahami filsafat, seseorang juga harus memiliki pengetahuan pada ilmu lainnya.

Sir Fancis Bracon. Bracon yang hidup pada tahun 1561-1626 masehi ini merupakan penggagas bankitnya filsafat modern. Filsafat menurut Bracon merupakan ibu dari semua ilmu yang ada. Filsafat memiliki peran dalam semua ilmu pengetahuan.

Rene Descartes. Tokoh Perancis ini pernah berkata. ‘ Saya berpikir, makanya saya ada’. Filsafat menurur Rene Descartes adalah kesatuan pengetahuan yang menjadikan semua hal dalam kehidupan mulai dari Tuhan, Alam Semesta dan Manusia sebagai objek dan pokok pembahasan. Terkait : Biografi Rene Descartes.
Rene Descartes
Immanuel Kant. Filsafat menurut Immanuel Kant secara sederhana dijelaskan sebgai akar dan awal dari semua pengetahuan dan ilmu lainnya. Terkait: Biografi dan Pemikiran Immanuel Kant dalam Filsafat.

GWF Hegel. Filsafat menurut Hegel adalah acuan, pencerminan dari peradaban. Menilik sejarah filsafat adalah sebagai bentuk cara mengungkap sejarah peradaban. Hal ini berlaku sebaliknya, Menilik sejarah peradaban adalah bentuk cara dan cerminan dari filsafat. TerkaitGeorg Wilhelm Friedrich Hegel dan Pemikirannya

Herbert Spencer. Menurut Herbert Spencer filsafat adalah sebuah ilmu yang selalu wajib dipertahankan dan dikembangkan secara terus menerus. Karena filsafat merupakan bentuk umum paling tinggi dari pengetahuan dan ilmu yang telah dan akan diperoleh manusia.

John Dewey. Menurut John Dewey, Filsafat adalah cara membuka tabur perjuangan manusia dalam pembentukan akal-budi manusia. Ini didasarkan pada cara ilmiah. Hal ini terlukis dalam kebudayaan, filsafat mempengaruhi dan menjadi alat dalam pembentukan dan penyesuain budaya dari waktu ke waktu.

William Betrand Russel
. Filsafat menurut Russel adalah bentuk kritik pada pengetahuan. Maksudnya, peran filsafat adalah sebagai alat untuk pemerikasaan scara kritis akan azaz yang digunakan dalam kehidupans sehari-hari. Filsafat dipergunakan untuk menmukan sebuah ke-tidakselarasan yang mungkin ada dalam pengetahuan yang telah di dapat. Dengan kalimat sederhana, filsafat merupakan alat untuk membuktikan kebenaran prinsip pengetahuan yan telah ada.

Al farabi
. Filsafat menurut al farabi adalah sebuah pengetahuan mengenai alam maujud. Juga mencakup pengetahuan bagaimana hakikat sebenarnya.

Langeveld. Filsafat menurut Langeveld adalah metode berpikir mengenai masalah-masalah. Contohnya masalah tentang keadaan, masalah ketuhanan, kebebasan dan kekekalan.

Hasbullah Bakry.
Menurut Hasbullah Bakry filsafat adalah pengetahuan yang digunakan dalam mendalami tentang ketuhanan, semesta alam juga manusia. Hasilnya akan diperoleh sebuah hakikat yang menunjukan capaian akal-budi manusia dan melahirkan sikap manusia yang seharusnya apabila telah mendapatkan pengetahuan tersebut.

N Driyarkara. Menurut N Driyarkara, filsafat adalah perenungan yang sangat dalam mengenai sebab ‘ada’ dan perbuatan. Perenungnan yang dalam hingga mencapai ‘mengapa’.

Notonagoro. Filsafat menurut Notonagoro adalah penelaahan objek filsafat dari yang terdalam dan absolut. Kemudian yang tetap dan tak berubah yang pada akhirnya disebut sebagai hakikat.

Poedjawijatna. Filsafat dalam pandangan Poejawijatna adlah penetahuan yang selalu berusaha mencari sebab dari yang paling dalam untuk semua hal denganmemanfaatkan pikiran.

Ali Mudhofir menghimpun semua penjelasan di atas. Filsafat dipandang sebagai sebuah sifat dan sikap. Filsafat dipandang sebagai sebuah metoda dan kumpulan permasalahan. Filsafat berperan sebagai sebuahteori, pola pemikiran yang logis dan bisa menjelaskan mengenai makna sesuatu. Pada akhirnya filsafat akan menjadi sebuah pandangan yang menyeluruh.


Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Pengertian Filsafat Menurut Ahli"

Post a Comment