Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Sejarah dan Perkembangan Filsafat Timur

Selain di dunia belahan barat, di belahan timur juga lahir filsafat yang memberikan pengaruh besar pada pemikiran dunia. Kelahiran filsafat timur khususnya di Asia ada di Cina, India, Jepang dan Semenanjung Arab (dikenal nanti dengan filsafat Islam).

Kelahiran filsafat di masing-masing wilayah timur memiliki pengaruh besar dari budaya masing-masing daerah tersebut. Seperti di Cina, filsafat di pengaruhi dua aliran pemikiran besar yaitu Taoismedan Konfusiusme. Sementara di India lahir filsafa budha dan filsafat hindu. Untuk semenanjung Arab, filsafat islam terbagi menjadi Al Hikmah Al Nazhariyyah / teoritis dan Al Hikmah al Al Amaliyyah / praktek atau perbuatan.

Perbedaan Filsafat Timur dan Filsafat Barat

Jika di barat kelahiran filsafat lebih menekankan kebebasan berpikir, sementara di timur filsafat lebih kental dengan kepercayaan dan agama. Hal ini menimbulkan sedikit pergesekn dengan kelompok post-kolonial.

Kelompok Post-Kolonial menyatakan bahwa filsafat ala timur bukan sebuah filsafat melainkan hanya keaagamaan dan mistis. Namun kelompok lain menyatakan bahwa pada faktanya, ketika menilik sejarah di masa lalu pemikiran timur telah melahirkan peradaban-peradaban yang besar,memberikan peranan penting pada ilmu pengetahuan dan perkembangan manusia.

Bahkan bangsa Eropa pernah belajar dari kebesaran Ibn Sina, Ibn Rusyd. Tak ada alasan untuk tidak menyebut ini adalah filsafat. Kembali pada tujuan umum filsafat ‘menciptakan kehidupan manusia yang lebih baik’, apakah pencapaian tersebut bukan bagian dari filsafat? Lebih dekatnya, bisa dilihat dari contoh filsafat yang berkembang di beberapa wilayah Asia berikut ini.

Contoh Filsafat Timur

Filsafat India. Filsafat India merupakah salah satu filsafat kuno. Pokok pemikiran filsafat india bahkan lebih dekat pada arti dasar philosophia. Kebijaksanaan, demikianlah arti Philosophia. Ajaran yang dikembangkan akan mengajak manusia untuk memiliki kebahagiaan. Lihat bagaimana Hinduisme dan Budhaisme yang mengajarkan bagaimana menuju jalan kebahagiaan hidup. Selengkapnya : Sejarah dan Perkembangan Filsafat India.
Filsafat India Kuno
Salah satu Bukti Peninggalan Peradaban besar India
Filsafat Cina. Pemikiran yang terbaik dikenal pada abad 6 sebelum masehi. Saat Dinasti Chou memimpin di daerah utara. Lahirlah Kong Fu Tze, Lao Tze, Chuang Tze dan Meng Tze. Tokoh tersebut dikenal sebagai peletak dasar pemikiran filsafat di Cina. Lebih Lengkap : Sejarah dan Perkembangan Filsafat Cina.

Filsafat Islam. Sederhananya pada kejayaan Bani Abbasiyah, Khalifal Al Makmun menerjemahkan literatur filsafat hasil pemikiran orang Yunani. Banyak ilmuan seperti Al Kindi, Ibn Sin, Ibn Bajjah dan Ibn Rusy yang belajar tentang filsafat Yunani. Tak hanya belajar dan menerjemahkan, mereka-pun melahirkan pemikiran pemikiran pembaharuan. Sehingga diperoleh kejayaan dan masa keemasan peradaban timur waktu itu. Lebih Lengkap : Sejarah dan Perkembangan Filsafat Islam.



Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Sejarah dan Perkembangan Filsafat Timur"

Post a Comment