Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Cara Melukis Irisan Penampang Limas

Cara Melukis Irisan Penampang Limas dengan metode perpotongan diagonal- Menyambung pembahasan mengenai melukis penampang bangun 3 dimensi dengan metode perpotongan diagonal, kali ini kita lanjutkan melukis penampang limas. Untuk bangun prisma mungkin tidak terlalu susah menemukan perpotongan diagonal. Tetapi mungkin untuk limas agak sedikit membuat bingung.

Limas sendiri bisa digunakan berbagai macam bentuk alas. Baik limas segitiga, segiempat segilima dan seterusnya. Secara umum, langkah melukis irisan penampang limas adalah.
  1. Tentukan Posisi titik yang diketahui
  2. Lukis bidang yang melalui dua titik tersebut dengan titik puncak
  3. Lukis bidang lain dengan titik tersisa dan melalui rusuk yang akan dicari titik pembentuk bidang penampang.
  4. Cari perpotongan bidang tersebut.
  5. Hubungkan 2 titik awal pada bidang I. Didapat perpotongan dengan garis pada langkah 4.
  6. Buat garis melalui titik sisa dan perpotongan pada langkah 5, sehingga memotong pada bagian rusuk lain.
  7. Lakukan berulang hingga ditemukan titik pembentuk bidang penampang pada rusuk rusuk limas.
Untuk memudahkan pemahaman sekarang mari kita praktekkan dengan contoh soal melukis penampang limas. Sebaiknya anda juga mengikuti langkah pembahasan dengan mencoba mengambar sendiri di kertas ya.
Contoh Soal
Diketahui Limas T.ABCDE, terdapat titik P pada TE. Titik Q pada bidang TED dan R pada bidang TAB. Lukislah bidang penampang yang melaui titik PQR.

Pembahasan:
Klik gambar agar lebih jelas
Pertama kita akan cari titik pada rusuk TB. Kita bikin bidang yang melalui titik Q dan R. Perhatikan bidang bewarna abu-abu. Berikutnya bidang ke-dua dibentuk yang melalui titik sisa (P) dan rusuk TB. Di sana terlihat ditemukan perpotongan bidang seperti yang ditunjukkan garis merah.

Buatlah garis QR sehingga memotong garis merah pada satu titik. Lalu buat pula garis yang melalui P dan titik perpotongan sebelumnya sampai memotong rusuk TB. Perpotongan di rusuk TB kita beri nama S.

Lakukan hal yang sama untuk mencari titik T pada rusuk TC. Jika telah ditemukan maka gunakan tips berikut.
Titik yang berada pada suatu bidang bisa dihubungkan.
Jika diperhatikan, titik T dan Q berada dalam satu bidang (TCD). Dihubungkan sehingga memotong TD di titik U. Dengan demikian kita sudah menemukan masing masing titik pada semua rusuk. Titik tersebut dihubungkan sehingga terbentuk bidang RSTUP.


Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Cara Melukis Irisan Penampang Limas"

Post a Comment