Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Rumus dan Cara Mengalikan Cross Vektor (Cross Product)

Dalam vektor terdapat beberapa jenis perkalian. Kita mengenal perkalian vektor dengan skalar, perkalian dot antara dua vektor dan perkalian cross antara dua vektor. Berikut ini kita akan bahas mengenai perkalian cross antara dua vektor.

Perkalian Cross antara dua Vektor (cross Product)

Dalam perkalian cross dalam vektor akan digunakan simbol ‘x’. Misalkan kita punya vektor $\vec {a} = a_1, a_2,a_3$ dan vektor $ \vec {b} = (b_1, b_2, b_3)$. Vektor tersebut bisa juga ditulis dalam bentuk :
$ \vec {a} = a_1i+a_2j+a_3k \\ \vec {b}= b_1i+b_2j+b_3k $
Untuk melakukan perkalian $ \vec {a} x \vec {b}$ maka bisa mengikuti langkah berikut:
Susun vektor seperti gambar berikut,
Kalikan dari kiri atas semuanya lalu dikurangi dengan perkalian dari kiri bawah. Perhatika bagian yang digaris merah dan biru. Sehingga di dapat:
$ \vec {a} x \vec {b} =( a_2b_3i+a_3b_1j+a_1b_2k) – (a_2b_1k+a_3b_2i+b_3a_1j$


Perkalian titik Vektor (Dot Product)

Sebagai pembanding saja, perkalian titik atau dot product pada vektor dilakukan dengan mengalikan entri yang seposisi kemudian menjumlahkannya. Hasilnya nanti akan di dapat sebuah skalar/bilangan. Dalam perkalian ini digunakan lambang ‘.’ (titik)

Misalkan kita punya vektor $\vec {a} = a_1, a_2,a_3$ dan vektor $ \vec {b} = (b_1, b_2, b_3)$. Maka hasil perkalian titik atau dot product dari vektor tersebut:
$a.b=a_1.b_1+a_2.b_2+a_3b_3 = \left | \vec {a} \right | \left | \vec {b}\right |.cos (\angle a,b)$

Perkalian Vektor dengan Skalar

Untuk perkalian vektor dengan skalar. Masin masing elemen vektor bisa dikalikan dengan skalar yang diberikan. Misalnya ada skalar k, kemudian ingin dikalikan dengan vektor $\vec {a} = a_1, a_2,a_3$. Maka
$k \vec {a} = ka_1+ka_2+ka_3$.
Demikianlah rumus rumus dalam perkalian vektor. Kalian harus bisa membedakan dot product dan cross product pada vektor ya.

Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Rumus dan Cara Mengalikan Cross Vektor (Cross Product)"

Post a Comment