Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Arti dari Beberapa Istilah Jenis Data dalam Statistika

Di bawah ini akan diberikan beberapa istilah dalam jenis jenis data dalam statistika. Istilah tersebut dilengkapi dengan pengertian dan defenisinya masing-masing.

Data kuantitatif . Pengertian dari Data kuantitatif adalah data yang didapatkan dari pengukuran pada objek penelitian dengan menilai dengan memanfaatkan skala angka atau numeric.

Data kualitatif.Defenisi dari adalah perolehan data dari objek penelitian dengan memanfaatkan skala kategorik atau data kategori. Dalam hal ini ada dua bentuk data kualitatif yaitu data nominal dan data ordinal.

Data ordinal. Arti dari data Ordinal adalah perolehan data yang berasal dari pengelompokkan setiap unsur yang diteliti. Dasar pengelompokkan data ini memiliki strata atau tingkatan (ordered). Contoh data ordinal pada observasi terhadap sate; bisa dibuat pengumpulan data dengan kategori Suka – Biasa – Tidak Suka.

Data nominal. Pengertian data Nominal adalah perolehan data pada elemen objek observasi dimana pada pengelompokkan tidak mengenal urutan atau strata atau tingkatan. Contoh data nominal pengelompokkan berdasarkan jenis kelamin. Perempuan atau Laki-Laki.

Data cross section. Arti dari Data Cross Section adalah perolehan data yang didapat dari variable yang berbeda namun hal tersebut dilakukakn pada standar waktu atau perioda waktu yang bersamaan.

Data time series. Arti dari data time series adalah perolehan data yang didapat dari variable yang sama. Namun dilakukan dalam waktu yang berbeda. Contohnya pada penelitian Tindakan Kelas.

Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Arti dari Beberapa Istilah Jenis Data dalam Statistika"

Post a Comment