Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Beda Kejadian Saling Lepas dan Saling Bebas

Dalam materi pembahasan peluang sering menjadi kebingungan antara kejadian saling lepas dan saling bebas. Jika dibaca sekilas, maka ini sepertinya sama. Memang secara garis besar ini sama karena melibatkan dua atau lebih kejadian. Tetapi, pada penerapannya, antara kejadian saling lepas dan saling bebas terdapat beberapa perbedaan. Coba disimak penjelasan berikut ini,

Kejadian Saling Lepas

Kejadian Saling lepas adalah dua kejadian yang tidak saling mempengaruhi satu sama lainnya. Contoh kejadian saling lepas ini dalam kehidupan sehari hari seperti tidur dan makan. 2 kejadian tersebut tidak bisa terjadi secara bersamaan dan tidak saling mempengaruhi (dalam artian waktu kejadian).

Secara matematis, kejadian saling lepas ini bisa dirumuskan sebagai berikut,
P(A∪B) = P(A)+P(B) 
Lawan dari kejadian saling lepas ini adalah kejadian tidak saling lepas. Rumus untuk kejadian tak saling lepas ini adalah
P(A∪B) = P(A)+P(B)- P(A∩B)
Dimana A dan B adalah kejadian pertama dan kejadian kedua. Sederhananya antara kejadian pertama dan kejadian kedua tidak ada hubungan sama sekali. Biasanya pada soal soal matematika ini ditandai dengan kata hubung ATAU antara pernyataan kejadian pertama dan pernyataan kejadian ke-dua. LEPAS!

Kejadian Saling Bebas

Kejadian saling bebas adalah dua kejadian dimana ada hubungan antara kejadian pertama dan kedua. Dalam kata lain, kejadian ini bisa terjadi dalam waktu bersamaan. Contohnya dalam kehidupan sehari hari menonton TV dan makan. Kita bisa melakukan hal tersebut dalam suatu waktu. Itulah arti dari kejadian saling bebas.

Secara matematis, menghitung kejadian saling bebas digunakan rumus,
P(A∩B) = P(A).P(B).
Terdapat tambahan bagian rumus yaitu  P(A∩B), ini merupakan peluang dimana kejadian A dan B terjadi bersamaan. Pada soal matematika biasanya akan menggunakan kata hubung DAN antara kejadian pertama dan kejadian kedua.

Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Beda Kejadian Saling Lepas dan Saling Bebas"

Post a Comment