Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Cara Membaca Tabel t Distribusi t-Student

Tabel t distribusi t-student dipergunakan saat varian atau ragam dari sebuah populasi tidak diketahui. Kemudian ini juga disyaratkan untuk ukuran sampel yang jumlahnya di bawah 30. Dalam proses perhitungan, nilai rata-rata dan ragam dikira dari sampel.

Pada tabel t ini dikenal tingkat signifikansi (α) dan derajat bebas (v atau ada yang memisalkannya dengan db).

  1. α didapat dari taraf kepercayaan. Misalkan taraf kepercayaan yang digunakan dalam penelitian 95%, maka α = 1-95% = 0,05.
  2. db atau v adalah derajat kebebasan. Di dapat dari jumlah sampel dikurangi 1. n-1

Untuk membacanya Anda cukup mencocokan α berapa dengan v berapa. Lihat lajur pertemuan mereka. Misalkan untuk α=0,05  dengan v = 3. Nilai t =2,3534. Silahkan lihat pada tabel di bagian bawah post ini.

Bagaimana jika ukuran sampel di atas 30? Dalam hal ini distribusi t-student akan mendekati distribusi normal. Oleh sebab itu makanya pada tabel t dengan derajat bebas di atas 30, bisa digantikan dengan tabel z distribusi normal.

Berikut ini adalah foto dari tabel t dengan derajat bebas 1 sampai 30, dengan signifikansi 0,005 ; 0,01 ; 0,025; 0,05; 0,1. Jika Anda ingin mengambil tabel ini, bisa di download di alamat: Download Tabel Distribusi T.
tabel distribusi t



Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Cara Membaca Tabel t Distribusi t-Student"

Post a Comment