Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Pengertian Populasi, Sampel, Sensus dan Survei

Populasi

Pengertian Populasi dalam Statistika adalah intensitas objek penelitian secara menyeluruh. Dengan istilah lain bisa disebut sebagai semesta. Contoh populasi adalah keseluruhan penduduk dalam sebauh area, atau pekerjaan penduduk di suatu daerah.

Hal yang menjadi fokus dalam penelitian bukan saja secara jumlah atau kuantitas dari populasi ini. Akan diobservasi dan dilakukan penarikan kesimpulan pada akhirnya mengenai karakteristik khusus dari populasi tersebut.

Namun, karena ukuran data populasi ini sangat besar, sementara untuk melakukan penelitian sangat membutuhkan materi, waktu dan energy yang besar. Maka disinilah peran dari statistic sehingga lebih efisien dan efektif. Caranya yaitu dengan mengambil beberapa bagian populasi yang disebut dengan sampel.

Dari sampel inilah nantinya akan dilakukan kegiatan statistik (teknik sampling) sehingga bisa di induksikan untuk mewakili karakteristik populasi.

Sampel

Defenisi dari sampel adalah bagian dari populasi yang mewakili karakteristik populasi itu sendiri. Tujuan pengambilan sampel adalah untuk memudahkan pengambilan data dari ukuran populasi yang terlalu besar.

Dalam pengambilan sampel ini tidak dilakukan dengan sesuka hati. Dibutuhkan cara cara khusus dan terpadu, inilah yang dikenal dengan teknik sampling.

Semakin besar ukuran sampel yang diambil, bisa mengindikasikan bahwasanya akan semakin akurat hasil kesimpulan penelitian yang diperoleh. Dalam hal ini mungkin kita pernah mengenal istilah survey dan sensus. Contohnya sensus penduduk.

Perbedaan sensus dan Survei adalah terletak pada objek observasi. Sensus dilakukan pada populasi, dengan lain kata data diambil dari keseluruhan populasi. Sementara, untuk survey data yang diambil hanya dari sampel saja.

Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Pengertian Populasi, Sampel, Sensus dan Survei"

Post a Comment