Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Pengertian dan Perbedaan Antara Statistika dan Statistik

Kerapkali kita menganggap antara statistika dan Statistik tersebut sama. Bahkan bisa dibilang, sebutan Statistik adalah singkatan dari Statistika. Padahal antara ke-dua hal ini sangat jauh berbeda. Mari kita lihat perbedaan tersebut.

Pengertian dari Statistika

adalah cabang ilmu yang membahas tentang ; perencanaan, penghimpunan, pengolahan, analisa, penyajian serta penerjemahan data dan pengambilan kesimpulan dari data yang diperoleh. Statistika ini merupakan bagian dari matematika. Lebih dalamnya ini berkaitan dengan cabang ilmu matematika lain seperti probabilitas, aljabar dan kalkulus.

Secara umum, statistika ini bisa dikelompokkan menjadi dua macam. Statistika deskriptif dan Statistika inferensial.

Pada statistika deskriptif berhubungan dengan hasil akhir tentang sekelompok objek penelitian dalam bentuk ringkasan. Biasanya digunakan grafik atau tabulasi. Sementara itu, pada statistika inferensial lebih mengarah pada pengujian sampel berdasarkan hipotesis dan memberikan kesimpulan secara general pada pembaca tentang kelompok populasi.

Aplikasi statistika ini sangat banyak ditemui dalam banyak ilmu lain. Misalnya untuk komputasi, medis, sosial, kependudukan, asuransi, ekonomi-bisnis dll. Perolehan data dan statistika digunakan sebagai bahan untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada pada masing masing bidang tersebut.

Pengertian Statistik

Statistik adalah ukuran/data yang didapatkan dari proses statistika. Data tersebut bisa disajikan dalam bentuk angka (mean/rata-rata, median dll) ataupun berupa grafik dan diagram.

Dengan demikian singkatnya, antara statistik dan statistika sangalah berbeda. Perbedaan tersebut yaitu, Statistika adalah cabang ilmunya atau nama ilmunya. Sementara statistik bisa dibilang sebagai produk dari statistika.

Contoh Statistik adalah, jumlah penduduk, jenis pekerjaan, luas wilayah, tingkat pengangguran.

Jadi sekarang kita bisa paham bahwasanya antara Statistika dan Statistik tersebut sangatlah berbeda. Jangan biasakan dalam salah menggunakan kata tersebut lagi ya.


Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Pengertian dan Perbedaan Antara Statistika dan Statistik"

Post a Comment