Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Langkah dan Cara Melukis Garis Sumbu dan Garis Berat pada Segitiga

 #Garis Sumbu

Pengertian dari garis sumbu adalah garis yang membagi sisi segitiga menjadi dua bagian yang sama panjangnya dan tegak lurus dengan sisi tersebut. Lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini,
Gambar Garis Sumbu pada Segitiga
Gambar Garis Sumbu pada Segitiga
Garis x yang berwarna merah adalah garis sumbu, karena garis tersebut membagi sisi AB menjadi dua bagian yang sama panjang dan tegak lurus terhadap sisi AB.

Lalu, Bagaimana cara melukis garis sumbu pada segitiga? Berikut langkah dan cara melukis garis sumbu pada segitiga.

Misalkan pada segitiga ABC, akan dilukis garis berat pada sisi AC.
1). Lukis busur lingkaran dari sudut sudut sisi yang ditanyakan. Pada soal ini diminta sisi AC. Artinya akan dilukis busur lingkaran dengan pusat A dan pusat C. Jari jari busur lingkaran tersebut harus $\frac {1}{2}$ sisi yang diminta ( $ \frac {1}{2} AC$). Perpotongan dua busur tersebut diberi nama P dan Q. Perhatikan gambar di bawah ini.
Cara Melukis Garis Sumbu dan Garis Berat pada Segitiga
Perhatikan busur busur yang berwarna biru dan berpotongan lalu diberi nama P dan Q
2) Hubungkan garis yang melewati PQ sehingga memotong AC di titik R. Dan garis tersebut adalah garis sumbu. Perhatikan garis yang berwarna merah pada gambar di bawah ini.
Cara Melukis Garis Sumbu dan Garis Berat pada Segitiga
Garis Berwarna merah adalah garis Sumbu


#Garis Berat

gambar garis berat pada segitiga
gambar garis berat pada segitiga
Defenisi garis berat segitiga adalah garis yang ditarik pada salah satu sudut segitiga dan memotong sisi dihadapannya sehingga dua sisi tersebut terbagi menjadi dua bagian yang sama panjang. Lebih jelasnya bisa diperhatikan gambar di atas. x disebut sebagai garis berat karena membagi sisi BC menjadi dua bagian sama panjang.

Lalu bagaimana cara melukis garis berat pada segitiga? Langkah melukis garis berat pada segitiga hampir sama dengan melukis garis sumbu. Kita tinggal mengikuti 2 langkah cara melukis garis sumbu di atas, kemudian tambahkan langkah terakhir. Yaitu dengan menarik garis dari sudut B ke titik R. Garis BR tersebut adalah garis berat segitiga. Terkait: Langkah dan Cara Melukis Garis Bagi Segitiga
Cara Melukis Garis Sumbu dan Garis Berat pada Segitiga
dengan langkah yang sama dengan melukis garis sumbu, dilanjutkan dengan menarik garis dari sudut B ke titik R. Perhatikan garis berwarna Hijau, itulah garis berat.



Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Langkah dan Cara Melukis Garis Sumbu dan Garis Berat pada Segitiga"

Post a Comment