Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial

Statistik Deskriptif

Apa itu statistik Deskriptif? Pengertian dari statistik deskriptif adalah kegiatan yang dilakukan dalam mengumpulkan, menata, meringkas dan menyajikan data dengan tujuan data tersebut bisa dibaca dan mudah dimengerti oleh para pengguna data.

Tujuan statistik deskriptif inni adalah memberikan gambara umum khas objek observasi atau penelitian TANPA MELAKUKAN GENERALISASI.

Dalam mengolah data Statistik Deskriptif akan dilakukan ukuran pemusatan data berupa mean, median dan modus. Kemudian juga meliputi ukuran penyebaran data berupa Jangkauan, Varian/Ragam, Standar Deviasi atau Simpangan baku serta koefisien variasi.
Untuk mempermudah pembaca, data akan disajikan dalam grafik, tabulasi atau diagram. Sehingga dengan adanya grafik tersebut, pembaca bisa mendapatkan informasi tentang objek observasi.

Statistik Inferensial

Nama lain dari statistik inferensial ini dikenal juga dengan statistik induktif. Aktivitas yang dilakukan adalah berupa praduga (hipotesis), menguji, dan menarik kesimpulan dari data yang diperoleh dalam observasi.
Tujuan dari statistik induktif ini adalah untuk mengeneralisasi. Peng-genaralisasian ini dilakukan sehingga bisa ditarik kesimpulan. Kesimpulan yang didapat berlaku untuk populasi, meskipun pada prakteknya diambil data dari sampel saja. Oleh sebab itu, kebenaran data dari statistik inferensial ini berupa probability atau peluang.

Statistik Inferensial ini bisa dikelompokkan menjadi dua jenis. Kita mengenalnya menjadi statistik parameterik dan statistic non parametrik.

Pada statistik parameterik, data pengasumsian data akan mengukikuti suatu distribusi data. Sementara pada statistik non parametrik data tak diasumsikan berdasarkan distribusi tertentu.

Pada sebuah laporan penelitian, biasanya statistik inferensial ini juga menyertakan statistik deskriptif. Karena dengan statistik deskriptif akan memberikan deskripsi awal objek penelitian. Kemudian baru dikaji secara induktif sehingga didapatkan kesimpulan dari hasil penelitian.

Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial"

Post a Comment