Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Contoh Cara Uji Validitas dan Reliabilitas dengan SPSS

Setelah membahas mengenai Validitas dan Reliabilitas. Mari dilanjutkan integrasi statistika ini dengan teknologi. Akan diberikan bagaimana langkah dan cara uji validitas dan reliabilitas dengan memanfaatkan aplikasi pengolahan data SPSS.

Contoh I

Asumsikan kalian telah mendapatkan data seperti di bawah ini. Lalu masukkan data tersebut ke SPSS.

Pilih menu "Analyze" pada menu bar atas. Lalu pilih " Scale " dilanjutkan dengan "Reliability Analysis". Pada kotak item bagian kanan, input variabel (item/butir soal 1 sampai 10). Pastikan pada kota "Model" tetap pada "Alpha".

Selanjutnya klik "Statistic". Sementara pada "Descriptive for", pilihlah " Item" ; "Scale"; "Scale if Item Deleted". Terakhir pilih "OK". Akan didapat output tampilan seperti di bawah ini.

Bisa diperhatikan " Corrected Item-Total Correlation". Bila dibandingkan dengan $r_{tabel}$ dengan derajat kebebasan (df 28, $\alpha $=0,05 = 0,239). Artinya butir 3,6,8,10 tidak valid. Karena nilainya kecil dari r tabel.

Berikutnya kita buang item yang tidak valid. Lakukan pengujian ulang seperti langkah awal tadi. Bila ditemukan kembali item yang tidak valid, maka buang item tersebut dan lakukan pengujian ulang. Lakukan sampai semua item benar benar valid ( $r_{hitung} > r_{tabel}$. )


Contoh 2 dengan  Rumus Spearman-Brown

Ingat, yang akan dilakukan pengujian reliabilitas hanyalah item yang valid. Jika diasumsikan kita telah mendapatkan item yang valid seperti tabel di bawah ini.

Kita akan uji reliabilitas data di atas dengan metoda Spearman-Brown. Kita akan peroleh,

$\sum X = 90 \\ \sum Y=73 \\ \sum X^2 =296 \\ \sum Y^2 =199 \\ \sum XY=225$

Dan dimasukkan ke rumus Spearman-Brown, menjadi.

$r_{11}= \frac {n. \sum XY - \sum X \sum Y}{ \sqrt { ( n \sum X^2 - (\sum X)^2)(n \sum Y - (\sum Y)^2}} \\ r_{11}= \frac {30. 225 - 90.73 }{ \sqrt { ( 30. 296 - (90)^2)(30. 199 - (73)^2}} \\ r_{11} = 0,255$

Karena nilai $r_{hitung} = 0,255 $ > dari $r_{tabel} = 0,239$. Maka bisa dikatakan soal soal kita reliabel. Dikutip dari statistikceria.blogspot.com


Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Contoh Cara Uji Validitas dan Reliabilitas dengan SPSS"

Post a Comment