Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Cara Menghitung Determinan Matriks 3x3 dengan Ekspansi Kofaktor

Bagaimana cara mencari determinan matriks 3x3? Salah satunya adalah dengan cara ekspansi kofaktor. Adapun langkah untuk menghitung determinan matriks 3x3 dengan kofaktor ini sebagai berikut.
Misalkan kita memiliki matriks $$A=\begin{pmatrix}a_{11} &a_{12}  & a_{13}\\ a_{21} &a_{22}  &a_{23} \\ a_{31}&a_{32}  & a_{33}  \end{pmatrix}$$
#1. Pilih Baris/Kolom yang akan digunakan. Anda cukup pilih salah satu baris atau salah satu kolom saja. Andaikan dari matriks di atas anda gunakan baris 1.
#2. Coret baris/kolom yang anda pilih. Hasilnya akan seperti ini
#3. Dari perpotongan coretan kalikan dengan bagian yang tidak tercoret. Sehingga bisa ditulis dengan bersih seperti gambar berikut. Catatan: Tanda positif digunakan jika jumlah angka entri genap, contohnya a11. 1+1=2 (genap) gunakan positif. Sementara pada jumlah angka indeks entri ganjil gunakan negatif contohnya pada a12. 1+2 =3 (ganjil).


Untuk Lebih jelasnya anda bisa perhatikan contoh soal dan pembahasan mencari determinan matriks 3x3 dengan ekspansi kofaktor berikut.
Untuk menguji hasil hitungan anda dan mempermudah menghitung determinan matriks 3x3 ini, anda bisa gunakan: Kalkulator Menghitung Determinan dan Invers Matriks 3x3. Untuk pencarian manual lainnya bisa digunakan: Cara Mencari Determinan Matriks 3x3 dengan Sarrus


Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Cara Menghitung Determinan Matriks 3x3 dengan Ekspansi Kofaktor"

Post a Comment