Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Cara Menyelesaikan Limit dengan Metode Numerik

Penggunaan metode numerik dalam penghitungan limit ini tak terlepas dari subtitusi. Caranya cukup sederhana, kita akan ambil beberapa angka yang mendekati x dari kiri dan dari kanan.

Anda bisa perhatikan contoh di bawah ini,
Misalkan diketahui fungsi f(x) = x-1. Kita akan tentukan nilai limit untuk x mendekati 3.

Pembahasan:

Berdasarkan soal diatas kita bisa tulis dalam notasi limit: $$\displaystyle \lim_{x \to 3 } (x - 1) =...$$ Selanjutnya kita akan buat tabel nilai-nilai yang akan kita ambil.
Bagian yang berwarna kuning adalah pendekatan limit dari kiri. Sementara bagian yang berwarna biru adalah pendekatan nilai limit dari kanan. Jika diambil angka dengan dengan desimal yang lebih banyak (misalnya: 2,999 dan 3,09999) maka nilai tersebut semakin mendekati angka 2. dengan Demikian kita bisa katankan bahwasanya nilai dari $$\displaystyle \lim_{x \to 3 } (x - 1) =2$$
Dengan metode numerik ini ketika menyelesaikan soal-soal limit akan memakan waktu yang lama. Bisa terbayangkan kita harus menghitung setiap beberapa nilai dari bagian kiri dan kanan fungsi. Agar lebih mudah kita bisa gunakan metode subtitusi dan silakan Lanjutkan Membaca: Penyelesaian Limit dengan Metode Subtitusi.



Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Cara Menyelesaikan Limit dengan Metode Numerik"

Post a Comment