Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Kalkulalator Menghitung Jarak Titik dengan Garis pada Koordinat Cartesius

Salah satu cara menentukan posisi pada dua dimensi adalah dengan membuatnya pada sistem koordinat Cartesius. Titik akan didefenisikan secara horizontal dan vertikal dengan patokan pada suatu titik pusat yaitu (0,0). Semua bangun dua dimensi; titik, garis dan bidang bisa dinyatakan dengan sistem koordinat ini.

Dalam pembahasan ini, akan dibatasi dengan cara mencari jarak antara titik dan garis pada sebuah koordinat Cartesius. Misalkan Anda memiliki titik (x1,y1) dan garis dengan persamaan Ax+By+C=0. Maka rumus jarak antara titik dan garis tersebut adalah,
Sebagai contoh, perhatikan contoh soal dan pembahasan jarak antara titik dan garis di bawah ini.

Hitunglah jarak antara titik (5,6) dengan garis 7x+9y+12=0.

Pembahasan:
Kita bisa misalkan (x1,y1) =(5,6) dan A= 7, B=9 , C=12. Lalu kita gunakan rumus di atas, sehingga bisa ditulis. $$d= \frac {7.5+9.6+12}{ \sqrt {7^2+9^2}} \\ d=8,8583$$. Sementara itu untuk mempermudah perhitungan, disini kamu bisa menggunakan kalkulator untuk menghitung jarak titik dan garis.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengidentifikasi nilai x1, y1, A, B dan C. Setelah itu silahkan masukkan pada kolom yang tersedia. Silahkan dicoba.

Kalkulator Menghitung Jarak Titik dengan Garis



Result:



Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Kalkulalator Menghitung Jarak Titik dengan Garis pada Koordinat Cartesius"

Post a Comment