Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Pengertian Dasar Limit Fungsi

Kata limit identik dengan kata mendekati atau hampiran. Lebih lengkap secara matematika limit diartikan sebagai nilai yang mendekati sebuah variabel bilangan real. Notasi atau penulisan limit dalam matematika dikenal sebagai berikut,
Lalu apa arti notasi limit di atas? Sebelumnya anda harus tahu bagaimana cara membaca notasi limit di atas. Notasi di atas dibaca " Limit fungsi f(x) untuk x mendekati a sama dengan K.

Jika dimisalkan f adalah fungsi dan K adalah bilangan Real, maka $\displaystyle \lim_{x \to a } f(x) = K$ jika dan hanya jika f(x) mendekati K untuk semua x yang mendekati a. Baca juga: Kapan Sebuah Fungsi Dikatakan Tidak Memiliki Nilai Limit?

Cara Menyelesaikan Limit

Untuk mencari nilai K, pada sebuah limit bisa dilakukan dengan beberapa cara:
  1. Subtitusi nilai x=a
  2. Metode Numerik
Syarat nilai limit adalah tidak boleh 0/0, terutama ketika Anda mengerjakan soal dengan metode subtitusi maka ada kemungkinan besar ditemukan 0/0. Untuk itu biasanya persamaan akan disederhanakan terlebih dahulu. Teknik untuk menyederhanakan persamaan fungsi tersebut misalnya dengan membagi, perkalian sekawan (jika dalam bentuk akar) atau mengunakan turunan (metode L'Hopital).

Berikutnya akan kita lihat bagaimana menyelesaikan limit dengan cara pendekatan metode Numerik. Lanjutkan : Cara Menyelesaikan Limit dengan Metode Numerik.

Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Pengertian Dasar Limit Fungsi"

Post a Comment