Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Cara Mengukur Nilai Hambatan Light Dependent Resistor (LDR)

Light Dependent Resistor atau dikenal dengan singkatan LDR adalah resistor yang nilai resistansinya bergantung pada intensitas cahaya yang diterima. Ketika intensitas cahaya yang berinteraksi sedikit maka nilai hambatan menjadi lebih rendah dan sebaliknya.

Kenaikan resistansi pada LDR ini berbanding lurus dengan intensitas cahaya yang diterima. Rata-rata nilai resistansi LDR mencapai 200 kOhm saat kondisi gelap dan mencapai 500 kOhm pada kondisi terang.

Salah satu bentuk aplikasi LDR ini ada pada sensor lampu penerang jalan otomatis, shutter pada kamera dan sistem keamanan (alarm).

Adapun bentuk dan simbol dari LDR sebagai berikut,



Mengukur LDR dengan Multimeter

Untuk mengukur nilai resistansi LDR bisa anda gunakan Multimeter. Ketika mengukur, pastikan anda bisa berada dikondisi terang dan kondisi gelap.

Menguji LDR di Kondisi Terang

Langkah pengujian LDR pada kondisi terang sebagai berikut,
  1. Skala selektor pada multimeter diposisikan pada Ohm
  2. Probe merah dan hitam dihubungkan pada kaki LDR. Karena LDR tidak mengenal kutub, maka anda bebas memasang di kaki manapun
  3. LDR diberikan cahaya
  4. Bisa anda lihat nilai hambatan pada layar multimeter. Kisaran nilai hambatan 500 Ohm.
Mengukur LDR di Kondisi gelap sebenarnya sama saja langkahnya. Anda cukup mengkondisikan LDR berada dalam kondisi gelap. Kisaran nilai hambatan pada kondisi gelap sekitar 200 Ohm.

Hasil pengukuran yang diperoleh bergantung pada intensitas cahaya pada LDR. Untuk satuan 'keterangan' cahaya digunakan Lux. Pada elektronika LDR juga dikenal dengan nama Photo Resistor, Photocell atau Photo Conduction.


Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Cara Mengukur Nilai Hambatan Light Dependent Resistor (LDR)"

Post a Comment