Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Cara Menulis Persamaan Matematika di Blog/Website

Pada platform blogging khususnya blogger atau blogspot, mungkin ada beberapa dari anda yang mengalami kesulitan. Terutama apabila blog anda bertemakan sains dan ilmu pengetahuan, semisal fisika, kimia matematika, teknik dan lainnya.

Memiliki blog dengan bertema sains, memaksa anda untuk menulis persamaan matematika. Banyak persamaan matematika yang tidak bisa ditulis langsung dengan menggunakan CMS tersebut secara langsung. Misalkan saja sebuah persamaan matematika pecahan, bentuk akar seperti
$$ x_{1,2}= \frac {-b \pm \sqrt {b^2-4ac}}{2a}$$
Pembaca blog akan sulit memahami, jika anda tulis x12= (-b) +_ (sqrt(b^2-4ac)/2a. Bisa bisa pengunjung akan salah memahami rumus tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut saya akan berbagi bagaiama cara menulis persamaan matematika pada blogger (blogspot). Untuk hasilnya sendiri anda bisa lihat dengan jelas pada blog ini, silakan lihat contohnya pada: Contoh Soal Sifat Sifat Akar. Saya tulis dengan cara berikut ini.

Pertama, Silakan masuk pada dashboard blog anda. Kemudian lanjutkan pada Tema/Layout - lalu pilih EDIT HTML. Bisa diperhatikan beberapa kode template di sana. Kemudian ambil kode di bawah ini
<script type='text/x-mathjax-config'>
  MathJax.Hub.Config({tex2jax: {inlineMath: [['$','$'], ['\\(','\\)']]}});
</script>
<script src='https://cdnjs.cloudflare.com/ajax/libs/mathjax/2.7.1/MathJax.js?config=TeX-AMS-MML_HTMLorMML' type='text/javascript'>
</script>

Pastekan kode tersebut dibagian atas dibawah kode <head>. Selanjutnya Simpan Template Anda. Lalu setelah itu bagaimana cara menulis persamaan matematika tersebut pada blog. Cukup mudah, anda bisa mengunakan editor yang sudah ada. Di sana tersedia pilihan bentuk persamaan yang ingin anda tulis, anda tinggal memilihnya saja lagi. Untuk editor tersebut bisa anda lihat pada halaman:
Editor Persamaan Matematika Online untuk Website.
Setelah menulis persamaan tersebut, akan ada 4 cara menyisipkan persamaan matematika tersebut ke blog Anda.

#1. Menyisipkan Tulisan Langsung

Tulisan yang ada pada kotak pertama, bisa langsung anda Copy dan paste pada blog Anda. Misalkan rumus ABC di atas, akan didapat tulisan x_{1,2}= \frac {-b \pm \sqrt {b^2-4ac}}{2a}.

Kemudian sisipkan pada postingan anda. Namun kode tersebut harus diapit oleh tanda dollar atau double dollar. Seperti berikut ini,
Menulis Persamaan Matematika di blog
Menulis Persamaan Matematika di blog
Pada contoh di atas saya gunakan "double dollar" untuk mengapit persamaan. Tampilan persamaan tersebut rata tengah. Jika anda ingin tampilan rata-kiri anda bisa gunakan mengapit kode tersebut dengan tanda "satu dollar" saja.

#2. Menyisipkan Sebagai HTML

Pilihan Kedua, anda bisa menyisipkan persamaan matematika sebagai HTML. Caranya Anda copy kode di kotak ke 2. " SISIPKAN SEBAGAI HTML" .

Kemudian buat mode postingan HTML setelah anda mengetik materinya. Lalu tandai tempat dimana persamaan akan dipastekan. Pastekan kode yang anda dapat dari halaman editor tadi.

#3. Menyisipkan Sebagai Image/Gambar

Cara ke tiga ini, bisa anda copy gambar pada bagian " SISIPKAN SEBAGAI GAMBAR". Copy alamat website pada kotak tersebut. Lalu buka di browser anda pada tab baru.

Muncul gambar persamaan dan Copy gambar tersebut lalu pastekan di blog anda. Atau anda bisa paste di editor gambar seperti Paint terlebih dahulu lalu anda upload di blog anda.

Dari ketiga cara di atas, saya sangat menyarankan menggunakan cara pertama. Karena jika persamaan tersebut salah anda bisa mengeditnya dengan mudah. Tapi semua kembali kepada anda, mana yang anda rasa lebih mudah.


Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Cara Menulis Persamaan Matematika di Blog/Website"

Post a Comment