Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Cara Mengukur Silicon Controlled Rectifier (SCR) dengan Multimeter

Silicon Controlled Rectifoer atau biasa disingkat denga SCR adalah dioda yang mempunyai 3 terminal. 2 Terminal sebagai anoda dan katoda dengan fungsi yang sama dengan dioda pada lazimnya. Sementara 1 terminal lagi sebagai Gate yang berfungsi sebagai pengendali.
cara menguji scr
SCR akan menghantarkan arus listrik bila diberi tegangan maju (Forward-Bias) dan harus memperoleh tegangan positif di Gate. Untuk menguji SCR ini anda bisa gunakan multimeter. Berikut langkah pengujian SCR dengan menggunakan multimeter.

  1. Sakelar multimeter diposisikan pada R atau Ohm x10.000
  2. Probe hitam dihubungkan pada Anoda, dan Merah pada terminal katoda
  3. Perhatikan layar multimeter. Ini seharusnya menunjukkan nilai hambatan yang tinggi. Jika diperoleh nilai hambatan rendah, bisa dibilang SCR telah rusak
  4. Sekarang ganti posisi Probe hitam dan merah. Perhatikan lagi seperti langkah ke tiga.
  5. Ketika posisi probe hitam dan merah dilangkah 4, anda hubungkan anoda dan Gate SCR dengan kabel jumper. Pada saat ini SCR yang baik akan menunjukkan nilai hambatan yang rendah. Jumper tersebut berfungsi sebagai pemicu arus ke Gate.
Sebagai catatan, anda bisa mengunakan sakelar ke Ohm x100 atau x100 jika arus yang diberikan multimeter tidak cukup untuk mengaktifkan SCR.



Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Cara Mengukur Silicon Controlled Rectifier (SCR) dengan Multimeter"

Post a Comment