Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Apa itu Bilangan Persistence?

bilangan persistance number

Persistence Number, bila dibawakan dalam bahasa Indonesia artinya adalah bilangan persistence. Cukup membingungkan juga untuk diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sepenuhnya. Ketika saya terjemahkan secara bahasa; Persistence Number artinya Bilangan Gigih/Tekun.

Mungkin bisa didefenisikan begitu, bilangan gigih atau bilangan tekun. Untuk sementara, agar lebih enak disebut persistence number saja.

Disebut persistence (tekun/gigih), karena bilangan ini merupakan jumlah seberapa 'gigih' atau seberapa tekun harus dioperasikan sehingga ditemukan satu digit bilangan. Anda akan ragu dengan penjelasan ini. Lanjutkan saja membaca terlebih dahulu.

Bilangan persistence ini ada dua jenis yang berdasarkan operasi hitung matematika. Yang saya maksud,

1. Bilangan persistence Penjumlahan

Bilangan persistence penjumlahan ini adalah berapa kali anda menjumlahkan digit digit bilangan sehingga didapatkan satu digit angka (digital-root). Persistence, ya kegigihan. Atau dalam istilahnya proses sehingga ditemukannya akar digital (digital root) bilangan tersebut. Lebih lengkap tentang akar digital anda bisa baca Apa itu Akar Digital (Digital Root) Sebuah Bilangan?

Contoh Cara Mencari bilangan persistence,
a) Diketahui bilangan 2379.
Sekarang lakukan proses digital root.
2+3+7+9=21 (1)
2+1=3 (2)
Disini kita telah mendapatkan akar digital atau digital root 2379 adalah 3. Hal tersebut dilakukan dengan 2 kali penjumlahan. 2 inilah yang menjadi bilangan persistence dari 2379. "butuh 2 kali kegigihan agar ditemukan digital root"
Jadi digital root 2379 adalah 3 dengan bilangan persistence penjumlahan 2.

2. Bilangan Persistence Perkalian.

 Defenisi atau pengertian bilangan persistence perkalian ini hampir sama dengan penjumlahan di atas. Hanya saja operasi yang dilakukan adalah operasi perkalian - sampai ditemukan hingga satu digit.

Contoh cara mencari bilangan peristence perkalian
Diketahui bilangan 2379
Sekarang lakukan perkalian semua angka pada bilangan tersebut.
2379=2x3x7x9 = 378 (1)
3x7x8 =168  (2)
1x6x8=48  (3)
4x8=32  (4)
3x2=6  (5) (telah dapat 1 digit)

Perhatikan, dari 2379 hingga dikalikan sesama digitnya sampai ditemukan 1 digit yaitu 6 dilakukan sebanyak 5 proses. Artinya Bilangan Persistence perkalian 2379 adalah 5.


Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Apa itu Bilangan Persistence?"

Post a Comment