Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Biografi Bernhard Riemann

Biografi Bernhard Riemann
Dilahirkan di Dannerberg, tepatnya sebuah desa bernama Breselenz, pada masa itu di bawah kekuasaan Kerajaan Hanover, Jerman. Bernhard Riemann adalah anak kedua dari enam bersaudara. 
Meskipun berasal dari keluarga tidak kaya.

Riemann dan adek adeknya sering terserang penyakit, maklum kondisi ekonomi menjadi latar belakang tidak terpenuhinya gizi. Namun karena tekad ayahnya, ingin melihat anaknya bersekolah. Akhirnya dengan menabung dan kerja keras, Riemann bisa dikirim untuk belajar ke Universitas Gottingen saat usia Riemann 19 tahun.

Di Universitas inilah, Riemann bertemu dengan CF Gauss (Carl Friedrich Gauss) yang juga dikenal sebagai ahli matematika besar sepanjang sejarah. Nama Gauss sendiri mungkin pantas untuk disejajarkan dengan Archimedes dan Newton.

Kembali pada Riemann. Tidak begitu banyak yang bisa diceritakan dari kisah hidupnya, menimbang saat usia 39 tahun Riemaan meninggal dunia. Walaupun dalam usia yang singkat, tetapi karya beliau hidup sepanjang masa.

Beberapa makalah Riemann yang terkenal menjadi angin baru dalam bahasan fungsi kompleks dan menjadi cikal bakal topologi. Ini juga yang menjadi 'pembantu' dalam perkembangan ilmu geometri dan teori Relativitas.

Jika anda membahas Kalkulus, tentu nama Newton dan Leibniz dikenal sebagai pelopornya. Namun, secara modern teorema dasar kalkulus-integral didefenisikan oleh Riemann. Bukti kegemilangannya, bisa dilihat bagaimana beberapa istilah yang diabadikan dalam namanya. Sebut saja itu: Cauchy-Riemann Equation, Riemann Roch Theorem, Riemann Hilbert Problem, Manipol Riemann, Teorema Pemetaan Riemann, Lema Riemann dan Fungsi Zeta Riemann.



Loading...

Jadilah Komentator Pertama untuk "Biografi Bernhard Riemann"

Post a Comment